-->

BREAKING NEWS !!!

Polisi Resmi Larang Naik Motor Pakai Sandal Jepit

Jakarta mitrajatim.com - Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi baru saja memberlakukan larangan penggunaan sandal jepit saat berkenda...

Kota Surabaya Akan Miliki Kebun Raya Mangrove

Kota Surabaya Akan Miliki Kebun Raya Mangrove


Surabaya,Mitra-Jatim.com- Kota Surabaya akan memiliki Kebun Raya Mangrove. Ini setelah, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini melakukan penandatanganan MoU kerjasama pengelolaan kebun raya mangrove dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada puncak acara Jaga Bumi di Jalan Tunjungan Plaza Surabaya, Minggu (29/4/2018). Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung Ketua Umum Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), Megawati Soekarnoputri, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

”Dengan Surabaya nantinya memiliki Kebun Raya Mangrove, akan menjadi kebanggaan luar biasa ke depannya. Kita buat penghijauan terus agar warganya betah. Semoga niat untuk menjaga lingkungan dapat diteruskan sampai anak turunan kita," kata Risma yang mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan itu.

Sedangkan Ketua Umum Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) Megawati Soekarnoputri mengatakan, YKRI yang didirikannya saat menjabat wakil presiden memilih Surabaya menjadi tempat Festival Jaga Bumi 2018, karena Wali Kota Risma berjanji membangun kota dan SDM warga Surabaya menjadi lebih baik dan nyaman. ’’Sekarang terasa, ada kenyamanan seperti pohon dan sungai bersih untuk wisata dan warga lebih nyaman. Juga, Surabaya dinilai apik dalam membangun komunikasi bersama warga untuk peduli kebersihan lingkungan, sehingga timbul kenyamanan di setiap sudut kota. Dan, saya berharap kota lain bisa meniru Surabaya dalam hal pembangunan lingkungan dan anak,” jelas Megawati.

Sementara Plt Kepala LIPI Bambang Subiyanto mengatakan, masih diperlukan 47 kebun raya. Mengingat, sekarang masih terkumpul 42 kebun raya dari masing-masing kota yang sudah mendaftar. Kebun raya mangrove sendiri, memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Diantaranya, penahan gelombang abrasi laut akibat pemanasan global, penyimpan karbon paling banyak 5 kali daripada hutan, dan sebagai destinasi wisata.

”Nah, dengan adanya lahan seluas 2.800 hektare menjadi kebun raya magrove, maka Surabaya siap menjadi paru-paru bagi kota di Indonesia dan dunia. Selain itu, memiliki manfaat lain bagi pendidikan anak dan peningkatan ekonomi pelaku UKM. Karena, bagi pelajar sebagai laboratorium untuk bidang biologi dan konservasi dalam rangka perlindungan terhadap tanaman yang nyaris punah serta ekowisata bagi pelaku UKM untuk meningkatkan ekonomi warga," jels Bambang. (lia/ali/edo)

0 Response to "Kota Surabaya Akan Miliki Kebun Raya Mangrove "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel