Mengungkap Fakta di Balik Berita

UNBK SMP Gangguan Server, Kemendikbud Minta Maaf


Jakarta,Mitra-Jatim.com- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berjiwa besar. Mereka menyampaikan permintaan maaf atas tertundanya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Sekolah Menengah Pertama  (UNBK SMP) 2018 di hari pertama (23/4/2018) hingga sekitar dua jam dari waktu yang dijadwalkan.  Permintaan maaf ini disampaikan  Ari Santoso, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (Kabiro BKLM) Kemendikbud RI  di Mataran, NTB melalui pesan tertulisnya, Senin (23/4/2018).

Ari Santoso menjelaskan,  kendala gangguan server di beberapa daerah mengakibatkan terjadinya penundaan Ujian Nasional Berbasis Nasional (UNBK) SMP di hari pertama hingga dua jam. ”Kami (Kemendikbud RI, red) meminta maaf atas adanya gangguan server pada pelaksanaan UNBK SMP hari pertama ini, yang mengakibatkan tertundanya pelaksanaan ujian hingga dua jam,” jelasnya di Mataram, NTB.

Gangguan yang terjadi mengakibatkan ujian hari pertama  tertunda hingga dua jam tersebut, lanjut Ari Santoso, terjadi di server pusat. Sehingga, Kemendikbud memberikan beberapa solusi bagi sekolah-sekolah terdampak gangguan. Diantaranya, jadwal ujian dimundurkan, menambah sesi ujian, dan ikut serta dalam ujian susulan.  ”Prinsipnya, permasalahan ini  tidak berakibat fatal dalam ujian, karena waktu pelaksanaan ujian dapat dimundurkan. Misalnya, gangguan terjadi 30 menit, maka ujian dapat dimundurkan 30 menit juga. Intinya siswa tidak boleh dirugikan,” katanya.

Ari Santoso menambahkan, wilayah Indonesia paling banyak mengalami gangguan adalah wilayah bagian Barat. Karena, saat bersamaan terjadi antrean yang membuat kerja server menjadi tersendat. ”Kita memang belum bisa mengidentifikasi berapa sekolah yang terkena masalah itu, karena harus sekolah yang melaporkan ke kita. Tapi, mereka memang tidak lapor ke kami, karena masalahnya sudah terselesaikan,” ujarnya.

Terhadap daerah yang mengalami masalah tersebut, Ari Santoso mengaku, pihaknya terus melakukan identifikasi untuk perbaikan ke depan. Namun, untuk sekarang semua sudah tertangani. ”Rata-rata gangguan sekitar sejam lah, sehingga  ujian baru dimulai sejam kemudian. Prinsipnya, kendala sudah tertangani dan para siswa tetap lancar melaksanakan UNBK SMP tahun ini,” tandasnya. (tom/lia/edo)


Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -