-->

BREAKING NEWS !!!

Polisi Resmi Larang Naik Motor Pakai Sandal Jepit

Jakarta mitrajatim.com - Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi baru saja memberlakukan larangan penggunaan sandal jepit saat berkenda...

Pesawat Presiden Jokowi Mendarat Perdana di Bandara Internasional Terbesar Kedua di Indonesia

Pesawat Presiden Jokowi Mendarat Perdana di Bandara Internasional Terbesar Kedua di Indonesia


Presiden Jokowi Berharap Beroperasi Mulai 8 Juni 2018
Bandung,Mitra-Jatim.com- Pesawat Kepresidenan yang ditumpangi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan berhasil mendarat perdana (historical landing) di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Kamis (24/05/2018). Pendaratan perdana Pesawat Kepresidenan di bandara internasional terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno Tangerang ini, disambut  tradisi water salute.

Setelah turun dari Pesawat Kepresidenan, Presiden Jokowi berharap bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka ini dapat segera melayani masyarakat. Bahkan, Presiden RI ketujuh itu memastikan pada awal Juni nanti, BIJB Kertajati sudah melayani masyarakat. ”Menteri Perhubungan  telah menyampaikan ke saya, Insya Allah bisa beroperasi. Tanggal 8 Juni 2018 nanti, sudah ada penerbangan komersial yang masuk,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga berharap BIJB berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi Kabupaten Majalengka dan Jabar. Selain itu, Presiden Jokowi berharap BIJB dapat terintegrasi dengan infrastruktur transportasi lainnya. Karena dengan begitu, akan menarik minat investor berinvestasi. ”Saya juga ingin BIJB ini terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban. Karena, jarak dari sini 40 kilometer, sehingga memudahkan layanan kepada investor untuk masuk dan dengan begitu saya berharap pertumbuhan ekonomi Jawa Barat lebih meningkat dan lebih baik,” jelasnya.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi pembiayaan pembangunan BIJB yang merupakan kolaborasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan perusahaan swasta. ”Model ini akan kita kembangkan di daerah lain, sehingga kecepatan pembangunan bisa dirasakan masyarakat,” ujarnya.  Karena, setelah BIJB, tambah Presiden Jokowi, akan ada beberapa bandara yang segera selesai pembangunannya. Diantaranya, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Samarinda, dan Bandara Kulonprogo Yogyakarta yang diharapkan selesai akhir 2019.

Sedangkan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, BIJB memiliki kapasitas hingga 5 juta penumpang per tahun dengan pergerakan pesawat sebanyak 200 pergerakan per hari. ”Kalau penumpang satu tahun kira-kira 5-6 juta dan kalau movement kira-kira 200 movement per hari. Ini nanti, PT Angkasa Pura II akan membangun (perpanjangan runway) dalam tahun ini. Akhir tahun ini akan selesai untuk 3000 meter. Jadi, saya kira tidak ada masalah dan ini semua dalam proses jalan semua,” jelasnya.

Mengenai penerbangan komersial, menurut Menhub Budi Karya, akan beroperasi mulai 8 Juni 2018. Tapi, bisa juga operasional maju pada akhir Mei 2018. ”Yang jelas, tanggal 8 Juni 2018 sudah dijadwalkan. Maskapai yang sudah tercatat ada 3, yakni Citilink, Lion Air, dan Wings Air. Rutenya Surabaya dan ada yang ke Denpasar. Selain itu, kami berharap penerbangan haji juga melalui BIJB Kertajati ini,” ujarnya.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam pendaratan perdana di BIJB Kertajati diantaranya, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Hadir pula Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, dan sejumlah pejabat terkait. BIJB Kertajati ini sudah didengungkan cukup lama pada 2003 silam. Digagas warga Jabar khususnya Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jabar. Namun, baru mendapat perhatian serius sejak Presiden Jokowi dilantik pada 2014. (dya/tom/edo)


0 Response to "Pesawat Presiden Jokowi Mendarat Perdana di Bandara Internasional Terbesar Kedua di Indonesia "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel