-->


BREAKING NEWS !!!

"Jadilah Pemimpin Yang Bijak" dan Memberi Inspirasi

                                                    Oleh; Sumitro Hadi, SH. Redaksi,     MITRAJATIM.COM - Menjadi Pemimpin ( leadership)   ...

Tiga Jenazah TKI asal Jember Pulang Bersama dari Malaysia

Tiga Jenazah TKI asal Jember Pulang Bersama dari Malaysia


Jember,Mitra-Jatim.com-  Dua hari menjelang Idul Fitri 1438 H/2018 M,  tiga jenazah Tenaga Kerja Indonesia asal Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim) dipulangkan bersama.  Ketiga jenazah TKI asal Jember ini tiba di Bandara Juanda, Sidoarjo, Rabu (13/6/2018). Mereka adalah Amintyas Wahyudi asal Desa Sumuran, Kecamatan Ajung;  M. Kabit Arifin asal Desa Kesilir, Kecamatan Wuluhan; dan Ahmad Nuryasin asal Desa Pondok Waluh, Kecamatan Kencong.  Jenazah Amintyas dijemput Sekjend Forum TKI Sarikat Buruh Muslimin Indonesia Mohammad Rosul dan Camat Ajung Slamet Wijoko.

Namun, sempat terjadi perdebatan siapa yang harus menandatangani berkas tanda terima kargo. Camat Slamet merasa mendapat perintah dari Bupati Jember Faida. Sedangkan, Rosul merasa berhak, karena mendapat mandat bermaterai dari keluarga Amintyas. Apalagi, sejak awal FTKI mengurus pemulangan Amintyas setelah sempat terbengkalai selama sepekan setelah keluar dari rumah sakit. Tapi, akhirnya dokumen serah terima jenazah Amintyas ditandatangani Rosul dan diserahkan kepada Camat Slamet.

Jenazah Nuryasin dijemput ambulans Pemkab Jember dan  kpulangannya ditangani Dinas Tenaga Kerja. Nasib berbeda dialami jenazah Kabit Arifin yang diangkut ambulans sewa dari klinik swasta. Keluarga menjemput jenazahnya kebingungan, karena nama kuasa yang mengurusi jenazah tidak tercantum dalam kartu keluarga.  Padahal, kabarnya Pemkab Jember memiliki banyak ambulans desa.  
Amintyas bertolak ke Malaysia pada 5 November 2017 tanpa dokumen resmi dan bekerja menjadi petugas kebersihan salah satu perusahaan otomotif. Dia mengalami sakit pada 20 Mei 2018, dan diantarkan salah satu rekan serumahnya ke rumah sakit Hospital Kuala Lumpur.  Ternyata di sana Amintyas terdeteksi mengalami TBC, sehingga harus dirawat intensif selama tujuh hari.  Pada 27 Mei dini hari, pukul 00.08 waktu setempat , dia meninggal.  Ketiadaan biaya membuat pemulangan jenazah Amintyas terkatung-katung selama berhari-hari dan akhirnya diurus FTKI Sarbumusi NU. (jan/edo)

0 Response to "Tiga Jenazah TKI asal Jember Pulang Bersama dari Malaysia "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel