Mengungkap Fakta di Balik Berita

Sembilan Gubernur dan Wagub Terpilih Pilkada 2018 Dilantik Presiden Jokowi

DILANTIK PRESDEN JOKOWI: Sembilan pasangan Gubernur-Wagub terpilih Pilkada 2018 saat proses pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu pagi(5/9/2018).
Jakarta,mitra-jatim.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sembilan gubernur dan wakil gubernur (wagub) terpilih hasil Pilkada Serentak 2018 yang digelar 27 Juni lalu untul masa jabatan 2018-2023. Pelantikan sembilan gubernur dan wagub ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu pagi (5/9/2018).

Proses pelantikan didahului penyerahan petikan Keputusan Presiden pada pukul 09.45 WIB di Istana Merdeka. Setelah itu, Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla (JK) dan Mendagri
Tjahjo Kumolo bersama 9 gubernur dan wagub terpilih berjalan kaki dari Istana Merdeka ke Istana ke Istana Negara. Mereka diiringi pasukan drum band dan Paspampres.

Tiba di Istana Negara pukul 10.05 WIB, Presiden Jokowi melantik dengan diawali pembacaan Keputusan Presiden (Keppres). Kemudian dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan bagi gubernur-wagub terpilih beragama Islam dan janji jabatan bagi gubernur-wagub terpilih beragama Katolik, Kristen, dan Hindu dengan didampingi rohaniwan dan Presiden Jokowi. Setelah itu, penandatanganan berita acara pelantikan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan.

Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan, 9 pasang gubernur dan wagub yang dilantik pada hari ini tidak menjalani proses gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). ”Ini pelantikan tahap pertama sebanyak sembilan pasang, karena tidak ada gugatan apa-apa lagi di MK. Sedangkan, pasangan gubernur dan wagub terpilih Pilkada Serentak 2018 lainnya direncanakan pelantikan tahap berikutnya. Pokoknya sepanjang memenuhi peryaratan, ya segera dilantik supaya bisa langsung bekerja,” jelas Tjahjo kepada wartawan di Kompleks Istana Negara, Jakarta. (tom/tyo/edo)

Sembilan Gubernur dan Wagub Terpilih Pilkada Serentak 2018 Dilantik Presiden Jokowi;
1. Gubernur dan Wagub Sulawesi Selatan; Nurdin Abdullah dan Sudirman Sulaiman.
2. Gubernur dan Wagub Sumatera Utara; Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah.
3. Gubernur dan Wagub Sulawesi Tenggara; Ali Mazi dan Lukman Abunawas.
4. Gubernur dan Wagub Jawa Tengah; Ganjar Pranowo dan wakilnya Taj Yasin Maimoen.
5. Gubernur dan Wagub Bali; I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.
6. Gubernur dan Wagub Kalimantan Barat;  Sutarmidji dan Ria Norsan.
7. Gubernur dan Wagub Nusa Tenggara Timur; Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Nae Soi. 
8. Gubernur dan Wagub Papua;  Lukas Enembe dan Klemen Tinal.
9. Gubernur dan Wagub Jawa Barat;  Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum.




Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -