-->

BREAKING NEWS !!!

SEKOLAH TANGGAP BENCANA MENJADI BRANDING SDN SILOLEMBU

Bondowoso, mitrajatim.com - Inovasi cerdas ditunjukkan oleh kepala sekolah SDN SILOLEMBU Catur Mega sofianto S.pd,dengan membuat inovasi se...

Disperta Bondowoso Bersama Menteri Desa PDTT dan Wagub Jatim Panen Raya Pisang Cavendish, Kualitas Ekspor

Disperta Bondowoso Bersama Menteri Desa PDTT dan Wagub Jatim Panen Raya Pisang Cavendish, Kualitas Ekspor

   

Bondowoso, MITRAJATIM.COMDinas Pertanian Kabupaten Bondowoso melakukan panen raya pisang  jenis Cavejenis ndish di Ds Maskuning Kulon, Kecamatan Pujer, Bondowoso.

"Abdul Halim Iskandar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) dan Emil Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur, saat hadir mengapresiasi kualitas pisang Cavendish yang dipanen.
Ia mengapresiasi dari tanaman dan kualitas buahnya kelas ekspor. papar  Abdul Halim, pertanian pisang Cavendish di Desa Maskuning Kulon, masuk kategori terbaik di Jatim.

"Abdul Halim Iskandar mengatakan, pengelola kebun pisang ini, terbaik diantara demplot-demplot di Jatim,” kata Menteri, Sabtu (26/11/2022)

Halim menyatakan, Kemendes berkomitmen, untuk memfasilitasi sampai pada pemasaran. Targetnya tentu sampai dengan ekspor.Tutuirnya.

Lebih lanjut Kemendes yang asli orang Jawa Timur ini menuturkan, antara Kemendes, Pem Prov Jatim, Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Ekonomi, dan Pemkab Bondowoso mendorong agar memperluas lahan untuk penanaman pisang Cavendish Yang berorientasi eksport," Katanya.

Pihaknya mendorong penanaman pisang Cavendish ini masif di masing-masing desa,  disamping pengelolaannya, agar membentuk BUMDES Bersama, hingga kordinasinya lebih mudah dan berkelanjutan.

"Dengan bertani pisang Cavendish, kelompok tani di Desa Maskuning Kulon ini mampu meraup kisaran omzet Rp 1,3 miliar.

Fantastis, pendapatan mereka untuk kelompok tani yang hanya mengenali 1,8 hektar lahan "Kami selaku kementerian akan memfasilitasi melalui Dinas Pertanian agar bisa mewujudkan masyarakat sejahtera,"Tuturnya.

Selanjutnya, Wagub Jatim Emil Dardak, mengapresiasi hasil panen pisang ini, karena satu tandan pisang bisa mencapai 40 kilogram. Kalau dikonversi, kata Wagub, nilainya bisa mencapai Rp.300 ribu per tandan.

"Sedangkan, dalam satu hektar bisa ditanami 2400 pohon," sambungnya. Kalau yang sudah ditanami seluas 1,8 hektar sebagai percontohan hanya ditanami 4400 pohon.

Omset dari hasil pertanian pisang Cavendish ini bisa Rp1.32 miliar. Jika margin 20 persen, dapat kita lihat, potensinya bisa mencapai Rp.2,60 juta per hektar," tutupnya.

"Emil Dardak, Wagub Jawa Timur mengatakan bahwa setiap tandan pisang Cavendish di Maskuning Kulon bisa memiliki berat 40 Kg. Jika dikonversi, nilainya bisa Rp 300 ribu per tandan. ini sangat baik dan bisa mensejahterahkan petani," Pungkasnya. (Sh/Tim).

0 Response to "Disperta Bondowoso Bersama Menteri Desa PDTT dan Wagub Jatim Panen Raya Pisang Cavendish, Kualitas Ekspor"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel