Hoax Sumber Air di Ijen Bondowoso Disebut Tercemar Proyek Geothermal, PJ Bupati & Kapolres Bondowoso Turun Tangan

Bondowoso mitrajatim.com - Tim gabungan dari kepolisian dan Pemkab Bondowoso melakukan pengecekan baku mutu air di kawasan Ijen. Ini dilakukan karena diduga sumber air di kawasan tersebut tercemar.

"Kami ingin membuktikan bagaimana sebenarnya kualitas sumber mata air," kata Kapolres Bondowoso, AKBP Lintar Mahardhono, Selasa (30/4/2024) malam.

Sebab, dari hasil uji laboratorium yang telah dilakukan sebelumnya, bahwa air itu sebenarnya layak konsumsi. Artinya, tidak mengandung zat atau partikel apapun.

"Ini tadi saya langsung minum air itu. Bahkan, ini nanti saya akan buat kopi dan masak pakai air itu," kata Lintar.

Sementara Pj Bupati Bondowoso Bambang Sukwanto yang juga turun ke lokasi mengatakan, agar masyarakat sekitar proyek geothermal tak perlu khawatir.

"Karena berdasarkan penelitian dan uji laboratorium sumber air itu sama sekali tak mengandung zat berbahaya," jelasnya.

Untuk diketahui, warga desa Kalianyar, Ijen, belakangan ini gaduh dan resah. Sebab, air yang mereka konsumsi disebut mengandung zat berbahaya.

Air yang bersumber dari mata air yang berada di sekitar proyek geothermal telah tercemar. Bahkan disebut jika digunakan untuk mandi menyebabkan gatal-gatal. (Ary*/SH)


Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Lebih baru Lebih lama