Mengungkap Fakta di Balik Berita

Puluhan Karateka Inkanas Bondowoso Ujian Kenaikkan Tingkat

Bondowoso,Mitra-Jatim.com- Sebanyak 57 karateka putra dan putri yang tergabung Perguruan Karate Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Bondowoso mengikuti ujian kenaikkan tingkat sabuk di Aula Satlantas Polres Bondowoso, Minggu pagi (15/4/2018). Puluhan karateka putra dan putri yang mengikuti ujian ini, berasal dari berbagai dojo (tempat latihan, red) di bawah naungan Inkanas Bondowoso.

Pelatih senior yang juga Ketua Harian Inkanas Bondowoso, Senpai Munir mengatakan, ujian kenaikan tingkat sabuk merupakan kegiatan rutin untuk mematangkan kemampuan teknik dan mental tanding karateka muda Inkanas Bondowoso. ”Kegiatan ujian kenaikan tingkat sabuk ini rutin dilakukan Inkanas Bondowoso sekali dalam setahun. Untuk ujian kenaikkan tingkat sekarang, hanya diikukti 57 karateka mulai sabuk putih kyu 10 (Shiro Obi), kuning kyu 8,5(Ki Obi), hijau kyu 6,5(Midori Obi), biru kyu 5,5(Ao Obi), hingga coklat kyu3,5(Cha Obi),” katanya.
Dalam ujian kenaikkan tingkat, lanjut Senpai Munir, Inkanas Bondowoso selalu mendatangkan tim penguji kompeten dari Surabaya.  Salah satunya Sensei Nur Sholeh yang merupakan pelatih senior sekaligus guru besar dan juga pengurus Inkanas Jatim. ”Karena seluruh karateka memeragakan Kata (jurus) gerakan dasar dan materi pengembangan disesuaikan kelompok kenaikkan tingkat. Dari Kata 1 (Heian Shodan), Kata 2 (Heian Nidan), Kata 3 (Heian Sandan), Kata 4 (Heian Yondan), Kata 5 Heian Godan), Kata 6 (Tekki Shodan), hingga  Bassai-Dai, Bassai-Sho, Jion, Gojioshiosho, Unsu, dan lain-lain,” terangnya.
.
Sensei Nur Sholeh kepada puluhan karateka Inkanas Bondowoso yang mengikuti ujian  kenaikkan tingkat mengatakan, semua karateka sudah mampu memeragakan setiap gerakan Kata dengan baik, tapi masih harus dibutuhkan penghayatan. ”Karena itu, karateka hrus terus disiplin dan semangat berlatih mengasah kemampuan teknik baik pukulan, tendangan, maupun tangkisan agar benar-benar menjadi karateka yang handal,” katanya. (edo)




Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -