Mengungkap Fakta di Balik Berita

Banjir Bandang Terjang Banyuwangi, 415 Rumah Warga Rusak

Banyuwangi,Mitra-Jatim.com- Hujan deras di lereng Gunung Raung, Kecamatan Songgon, Banyuwangi Jatim sejak Kamis (21/6/2018) pukul 21.00 WIB hingga Jumat pagi (22/6/2018), menyebabkan longsor disertai pohon-pohon tumbang di hutan lereng Gunung Raung. Akibatnya, sebanyak 415 rumah warga di empat Dusun Desa Alasmalang, Kecaatan Singojuruh, Banyuwangi rusak terdampak banjir bandang.

”Dari pendataan kami, rumah yang mengalami kerusakan akibat banjir bandang di empat dusun Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, sebanyak 415 rumah dan 23 rumah di antaranya rusak parah,"kata Fajar Suasana, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Jawa Timur.

Kerusakan akibat banjir bandang yang dialami ratusan rumah warga itu, menurut dia, beragam. Mulai kerusakan ringan hingga berat dan kategori rumah rusak berat, yakni ambruk, jebol, dan roboh tercatat sebanyak 23 rumah. Sedangkan, 118 rumah rusak sedang dengan kerusakan lumpur masuk rumah warga dengan ketinggian 20-100 cm. ”Sisanya 274 rumah mengalami rusak ringan. Itu update data kami,” ujar Fajar.

Ia menjelaskan, data itu didapat dari pendataan langsung tim BPBD ke rumah warga. Sehingga, bukan hanya berdasar laporan semata. Namun, tim BPBD turun mendata satu-satu melihat kerusakan dan juga didokumentasikan. Sementara pada Sabtu besok (23/6/2018), tim BPBD Banyuwangi konsentrasi pembersihan jalan utama Gambor yang merupakan jalur alternatif Banyuwangi-Jember. ”Ada 12 dump truck dan empat ekskavator (alat berat) dikerahkan untuk mengambil material dan sedimen yang tersisa,” jelasnya.

Dalam penanganana korban banjir bandang ini, tim BPBD Banyuwangi dibantu personel TNI, Polri, tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Batu, Jember, dan Pemprov Jatim, serta para relawan "Selain untuk pembersihan jalan, kami juga prioritaskan membersihkan fasilitas umum, seperti masjid, agar kembali bisa digunakan masyarakat untuk beraktivitas. Hingga sekarang ada 30 KK atau 150 jiwa untuk sementara diungsikan ke pos penampungan di Balai Desa Alasmnaang, Kecamatan Singojuruh," tandas Fajar. (ton/edo)
Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -