Mengungkap Fakta di Balik Berita

Kapal Nelayan Tenggelam di Jember, Enam Meninggal, Enam Masih Dicari


Jember,mitra-jatim- Kapal nelayan jenis payang bernama Joko Berek yang berawak 21 orang dihantam ombak gelombang tinggi saat hendak merapat di Pantai Pancer, Dusun Krajan, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jatim, Kamis pagi (19/7/2018) sekitar pukul 08.05 WIB. Akibatnya, kapal terbalik  dan tenggelam di perairan Plawangan Pantai Pujer, hingga menelan korban 6 anak buah kapal (ABK) meninggal dunia dan 6 orang belum ditemukan, serta 9 orang penumpang lainnya selamat.

Dari informasi yang dihimpun di lokasi menyebutkan, kapal nelayan Joko Berek yang dinahkodai H. Dirman(50), warga Dusun Mandaran, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger ini membawa 21 penumpang nelayan yang merupakan ABK.  Kapal melaut pada Rabu (18/7/2018) atau sehari sebelum mengalami kecelakaan di jalur keluar masuk laut selatan di Pantai Pancer, Kecamatan Puger.

Saat itu, kapal hendak pulang dengan muatan penuh ikan.  Namun, sampai di jalur Plawangan, kapal tiba-tiba dihantam ombak gelombang tinggi, hingga terbalik dan tenggelam.  Enam ABK diketahui meninggal dalam peristiwa ini. Mereka adalah Hasan (45) warga Kecamatan Balung dan lima orang rekannya yang masih bertetangga, yakni Cecep (45), Soim (65), Ulum (30), Hadi (28), serta Dulkowi (55), semuanya warga Dusun Mandaran, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger.
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo yang turun ke lokasi mengatakan, polisi bersama BPBD, Basarnas, dan warga, terus mencari para korban yang hilang. Karena, dari 21 orang penumpang, tercatat 6 orang meninggal dunia, 6 orang belum ditemukan, dan 9 orang selamat. ”Para penumpang yang hilang ini terus kami lakukan pencarian,” kata Kapolres Kusworo didampingi AKP Harry Pamoedji, Kasatpolairud Jember di posko pencarian nelayan hilang di Pantai Pancer, Puger, Jember. (jan/edo)

Data Penumpang Kapal Nelayan Joko Berek
A) Korban Selamat:
1. Sugeng (L/50) Puger Kulon.
2. Sin (L/35) Puger Kulon.
3. Ran (L/60) Puger Kulon.
4. Munawar (L/45) Puger Kulon.
5. Ali (L/35) Puger Kulon.
6. Sahroni (L/27) Puger Kulon.
7. Tar (L/45) Puger Kulon.
8. Syaiful (L/22) Puger Kulon.
9. H.Dirman(L/50) Puger Kulon.

B) Korban Meninggal:
1. Cecep (L/45) Puger Kulon.
2. Hasan (L/45) Balung.
3. Soim (P/65) Puger Kulon.
4. Ulum (P/30) Puger Kulon.
5. Hadi (L/28) Puger Kulon.
6. Dulkowi(L/55) Puger Kulon.

C) Korban Hilang:
1. Kowi (L/65) Puger Kulon.
2. Munaji (L/45) Puger Kulon.
3. Sapi'i (L/60) Puger Kulon.
4. Kosim (belum terdata).
5. Mr. X.
6. Mr. X.
(*Sumber BNPB)

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -