Mengungkap Fakta di Balik Berita

Presiden Jokowi Resmi Buka Asian Games XVIII/2018

Spektakuler, Mulai Aksi Naik Moge, Keindahan Alam, hingga Budaya Tradisional
Jakarta,mitra-jatim.com- Asian Games XVIII Tahun 2018 di Jakarta-Palembang, Indonesia resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Gelora Utama Bung Karno (SGBUK) Jakarta, Sabtu malam (18/8/2018).  Setelah sambutan Ketua INASGOC, Erick Thohir dan Presiden OCA, Ahmad Al-Fahad, Presiden Jokowi yang didampingi Wapres Jusus Kalla (JK) resmi membuka pesta olahraga terbesar negara-negara di Benua Asia ini.

”Atas nama Indonesia, kita merasa terhormat dengan tamu istimewa dari 45 negara. Dalam Asian Games XVII/2018, kita bangsa se-Asia ingin menunjukkan kita bersaudara. Kita bersatu, kita ingin meraih prestasi," kata Presiden Jokowi. ”Dan, dengan mengucap bismillah, Asian Games XVIII Tahun 2018 saya nyatakan dibuka," ucap Presiden Jokowi diikuti tepuk tangan meriah ribuan penonton yang memadati tribun SUGBK Jakarta..
Setelah Presiden Jokowi membuka secara resmi Asian Games XVII/2018, para pembawa bendera Olympic Council of Asia berjalan ke tengah stadion. Para pembawa bendera merupakan mantan atlet Indonesia berprestasi. Mereka diantaranya Sri Indriyani, Chandra Wijaya, Markis Kido, Kusuma Mardani, dan Christian Hadinata. Acara pembukaan sendiri berlangsung sangat meriah dengan hiburan beberapa penyanyi Indonesia, salah satunya Via Vallen yang menyanyikan maskot lagu Asian Games XVIII/2018 berjudul Meraih Bintang.
Lagu Meriah Bintang membuat penonton dan para atlet ikut bergoyang. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi  pun ikut bergoyang dengan gaya mendayung. Sontak saja, goyangan Presiden Jokowi ini disebut warganet dengan julukan goyang dayung. Sebelum membuka resmi dan bergoyang mendayung, dalam Open Ceremony Asian Games XVIII/2018 ini, Presiden Jokowi dalam video memperlihatkan aksi memukau mengendarai motor gede (moge) dari Istana Kepresidenan menuju SUGBK lantaran jalanan macet.

Tiba di SGUBK, mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu yang mengendarai moge mendapat sorakan ramai dari penonton. Bahkan, seluruh penonton menyebut nama Presiden RI ke-7 itu berulang-ulang. Kemudian, Presiden Jokowi naik lift menuju panggung VIP dan langsung melambaikan tangan kepada semua tamu undangan dan penonton. Pembukaan Asian Games XVIII/2018 sendiri diawali Tarian Saman yang dibawakan ribuan penari pelajar di DKI Jakarta.
Kemudian, diikuti parade dari negara-negara peserta dan maskot Asian Games Bhin Bhin (Burung Cendrawasih), Athung (Rusa Bawean), dan Kaka (Badak Bercula Satu) sebagai filosofi Bhinneka Tunggal Ika. Penyerahan api obor secara estafet dari sejumlah atlet legendaris Indonesia menuju puncak kawah gunung buatan tempat api Asian Games menyala. Dan, atlet bulutangkis peraih medali emas tunggal putri Olympiade Barcelona 1992 Susi Susanti mendapat kehormatan menyalakan api Asian Games di kawah gunung berapi buatan itu.

Dalam Asian Games XVIII/2018 dengan tema The Energy Of Asia in diikuti 45 negara dan mempertandingkan 465 pertandingan dari 40 cabang olahraga. Tuan rumah Indonesia mengirimkan 931 atlet dan 400 ofisial pada ajang yang digelar 18 Agustus hingga 2 September 2018. Indonesia terpilih tuan rumah Asian Games XVIII/2018 menggantikan Vietnam.  Ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah, setelah yang pertama pada 1962. (tyo/tom/edo)





Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -