Mengungkap Fakta di Balik Berita

Updete Penyebab WA dan FB Error, Mengalami Gangguan Rabo 22 Mei 2019

 
Jakarta mitra-jatim.com - Gangguan whatsapp (WA) dan Facebook (FB) sedang error alias down hari ini, Rabu 22 Mei 2019 masih berlangsung. Penyebab gangguan WA IG dan FB diduga karena batasan pemerintah.
Informasi yang dihimpun gangguan WA IG dan FB terjadi sejak Rabu siang sampai sore, pada jam 18.30 WIB gangguan itu masih terjadi.
Pantauan di situs Down Detector, Rabu (22/5/2019), pada live outage map memang terlihat sejumlah negara ditandai merah dan kuning dalam pengecekan layanan Facebook, Instagran dan WhatsApp menandakan adanya gangguan layanan.
 Hasil gambar untuk gambar Facebook

Untuk diketahui, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara sempat mengatakan kalau beberapa fitur di media sosial dan messaging system dibatasi hari ini, Rabu (22/5/2019).
"Pembatasan fitur-fitur media sosial, tidak semuanya, dan messaging system," jelas Rudiantara dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu siang dengan judul Menkominfo : Medsos dan WhatsApp sementara dibatasi.
Menkominfo mengatakan modus operandi penyebaran hoaks adalah dengan mengunggah video, meme, atau foto ke media sosial, seperti Facebook ataupun Instagram
"Kemudian di-screencapture, diambil, viralnya bukan di media sosial, viralnya di messaging syste," jelasnya.

Dengan pembatasan ini, Rudiantara mengatakan pengguna WhatsApp maupun Facebook akan mengalami pelambatan saat mengunduh atau mengunggah video serta foto.
"Nah jadi temen-teman dan kita semua akan mengalami pelambatan kalau kita download atau upload video kemudian juga foto," tandas Rudiantara.
"Kenapa, karena viralnya yang negatif, besar mudharat-nya ada disana," imbuh dia.
Rudiantara menegaskan bahwa pembatasan ini akan dilakukan bertahap dan bersifat sementara.
Ia pun meminta masyarakat untuk mengakses media mainstream sebagai sumber informasi.

"Justru kalau menurut saya kita sangat mengapresiasi media mainstream biasanya mainnya di media sosial dan sekarang kita kembali ke media mainstream," pungkas Ra.
Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto juga mengumumkan pembatasan akses media sosial untuk menekan beredarnya hoaks
Sekadar diketahui, Sebagian pengguna Indonesia terdampak gangguan tiga layanan milik Facebook ini.
Rian, warga Palembang mengaku bingung kenapa tidak bisa membuka Medsos.

Ia tidak tahu masalahnya, padahal Instagram merupakan media sosial yang seringd diaksesnya setiap hari.
Lain lagi yang dialami Risma.
Ia mengeluhkan layanan facebook yang tidak bisa melihat beranda.
"Salah satu pengguna WhatsApp bertanya apakah mengirim gambar gagal atau tidak.

Beberapa pengguna mengaku cuma bisa mengirim teks saja di WhatsApp sosial pesan instan tersebut.
Pantauan di Twitter, tumbangnya layanan dialami sebagian pengguna, dan jenis gangguan pun berbeda, ada yang sempat susah mengakses facebook maupun WhatsApp.  (*)


Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -