Mengungkap Fakta di Balik Berita

Pelayanan Administrasi Desa Mrawan Dikeluhkan

Mitra Jember - Proses pengajuan surat keterangan miskin (SKM) sebagai syarat pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat kurang mampu di Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, Jawa Timur dikeluhkan warga setempat dari pengakuan beberapa warga.

Salah satunya disampaikan Dava. Ia beberapa kali meminta SKM ke Balai Desa Mrawan, namum pelayanannya jauh dari kata memuaskan. Beberapa kali ia datang, meski mendapat SKM, namun selalu salah format, sehingga ditolak oleh RSUD SOEBANDI Jember.

Dava yang meminta SKM untuk ibunya, Ismiati yang sedang dirawat di rumah sakit karena komplikasi, merasa kelelahan karena harus bolak-balik akibat SKM yang diberikan Pemerintah Desa Mrawan selalu salah format.

Pertama, Dava sempat mendapat SKM, namun disurat itu tidak disertai keterangan tanggung jawab Kepala Desa Mrawan sebagai pihak berwenang yang mengeluarkan SKM. Keterangan itu soal kebenaran data SKM yang dikeluarkan.

Akibat kesalahan format itu, SKM yang dibawa Dava ke RSUD SOEBANDI ditolak. Akhirnya, Dava kembali lagi ke Balai Desa Mrawan untuk meminta revisi SKM itu sesuai format yang diharuskan pihak rumah sakit.

Saat itu, Dava kembali mendapat SKM dengan menyertakan tanggung jawab kepala desa sebagai pihak berwenang dan hendak meyerahkannya ke pihak rumah sakit. Namun, saat itu SKM itu kembali ditolak.

Penolakan itu, karena beberapa indikator kemiskinan yang salah dan malah mengindikasikan Ismiati sebagai orang mampu. Salah satunya, dikolom lantai rumah yang mengindikasikan lantai rumah melebihi 40 m². Padahal, rumah Ismiati dibawah itu.

"Ya gak tau lah. Saya harus bolak balik karena formatnya salah," kata Dava saat dikonfirmasi oleh media ini.

"Kalau emang saya tidak dapat  yang seharusnya bilang di awal waktu saya minta SPM.sekalian bilang tidak, daripada seperti ini bolak-balik," tambahnya

Sementara itu, Kades Mrawan, Sawer belum bisa dikonfirmasi. Saat hendak dikunjungi ke kediamannya, Sawer sedang tidak di rumahnya. (Tim
Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -