Mengungkap Fakta di Balik Berita

Selama Pandemi Covid-19, Pekerja Seni di Sidoarjo Sepi Kegiatan


Sidoarjo, Mitrajatim.Com - Selama pandemi covid -19 membuat pekerja seni di Sidoarjo sangat sepi dari kegiatan pertunjukkan, sekarang inipun banyak pekerja seni mengeluh tidak ada kegiatan dan pekerjaan lagi. (13/2/2021).

Lebih lanjut, hal ini terlihat di lokasi kampung seni di wilayah Pondok Mutiara Sidoarjo, sebelum pandemi covid-19 sebelumnya kampung ini begitu ramai pengunjung bahkan tidak pernah sepi pengunjung.

Banyak profesi seni di kampung seni Pondok Mutiara Sidoarjo mulai dari seni lukis, seni pahat, seni wayang, seni sinden serta seni lainnya. reporter Mitra Jatim sedang berada di lokasi untuk melihat lokasi terkini yang begitu sepi pengunjung. Hingga banyak gallery yang tutup tanpa ada aktivitas apapun di kampung seni Pondok Mutiara Sidoajo. 

Ibu Nurhayati dan pak Puspo Pinardi adalah salah satu pasangan yang masih bertahan berada di lokasi  kampung seni bersama Bapak Irwanto. Sepasang suami istri Bapak Puspo dan Ibu Nur adalah pasangan yang mempunyai seni sinden dan keroncong. Pasangan yang pernah berkolaborasi dengan Wajinah ini menceritakan banyak sekali cerita yang awal mulanya terjun di dunia sinden atau keroncong bahkan pernah berkolaborasi dengan Wajinah.

“Dulu banyak masyarakat terhibur dengan pertunjukan kami, bahkan sekarang pertunjukan itu sepi bahkan tidak ada sama sekali karena dampak dari pandemi covid 19” pungkasnya saat di temui reporter Mitra Jatim.


Dulu memang banyak sekali kenangan saat bisa menghibur para pejabat hingga bahkan ke luar kota. Pemilik album keroncong Sampul Surat yang sangat ngehits pada tahun 80 an Ibu Nur adalah sosok yang ramah dan senang dalam berbagi ilmu dalam olah vokal suara. Sudah tujuh album yang di rillis oleh ibu Nurhayati.

Berbeda dengan Bapak Puspo dan Ibu Nur, Bapak Irwanto juga salah satu pegiat seni lukis yang sudah banyak karya-karya yang di hasilkan. Sudah 200 karya seni lukis yang sudah di buatnya. Pada masa pandemi ini bapak Irwanto juga mengalami kesulitan dalam menjual karya-karyanya. 

Sebelum masa pandemi bapak Irwanto sering mengikuti pameran lukisan di dalam maupun di luar kota bahkan pada pandemi covid 19 ini bapak Irwanto jarang untuk mengikuti pameran. Bahkan Ibu Nurhayati dan Pak Puspo serta pak Irwanto berharap kepada pemerintah agar pemerintah lebih bisa memperhatikan lagi pekerja-pekerja seni. Dan mereka juga berharap supaya pandemi covid ini segera berlalu dan para pekerja seni bisa melakukan aktivitasnya kembali. (Rizky)

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -