-->

BREAKING NEWS !!!

Polsek Kota Bondowoso Adakan Giat Sosial di SMK PGRI 2 Bondowoso

Bondowoso, MITRAJATIM.COM - Kegiatan Sosial ini dilaksanakan oleh Jajaran Anggota Polsek Kota Bondowoso 28 November 2022 dilaksanakan pukul...

Tim APSI Bersama Pemdes Mangaran Ikuti Gerakan Penghijauan, Tanam Ribuan Pohon

Tim APSI Bersama Pemdes Mangaran Ikuti Gerakan Penghijauan, Tanam Ribuan Pohon

SITUBONDO, Mitrajatim.Com - Komunitas Aliansi Pewarta Situbondo (APSI), dalam bimbingan Didid Prayitno, menyarankan tiada hentinya meningkatkan profesionalitas wartawan dalam segala bidang. Tidak hanya soal pemberitaan saja, hal itu dibuktikan dengan mengajak rekan jurnalis yang tergabung dalam Tim APSI, untuk menggalakkan upaya reboisasi di Desa Mangaran, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo. Jum'at (18/2/2022). 

Melalui kerjasama (Rekanan) Tim APSI, bantuan bibit tanaman jenis Gemilina sebanyak 1.000 pohon dan Petai 500 pohon, diberikan secara gratis oleh Perhutani RPH Sumbermalang BKPH Besuki KPH Bondowoso kepada Pemerintahan Desa (Pemdes) Mangaran. Selanjutnya, diberdayakan untuk manfaat masyarakat setempat sebagai komoditas tanaman di lahan yang kosong. 

Secara simbolis, Ketua APSI Didid Prayitno menyerahkan bantuan bibit tersebut kepada Kades Mangaran. Selepas itu, kegiatan penghijauan tersebut direalisasikan langsung dengan melakukan penanaman pohon Gemilina dan Petai secara bersama-sama di tanah kosong di depan kantor desa. 

Inaraja, Kepala Desa (Kades) Mangaran, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan APSI dalam reboisasi. Menurutnya, usaha reboisasi tersebut selaras dengan agenda pendayagunaan tanah kosong untuk dijadikan sebagai lahan produktif. Sekaligus, membawa manfaat besar terhadap lingkungan di desa nya. 

"Kami mengucapkan terimakasih, karena ini adalah upaya kita bersama dalam kepedulian lingkungan dengan melakukan penghijauan. Dimana dengan menanam pohon di lingkungan kita, akan menambah kesejukan dan sebagai penghasil oksigen untuk memelihara atmosfir bumi kita," Terangnya.

Selain itu, lanjut dia, penanaman pohon Gemilina dan Petai sebanyak 1.500 bibit tanaman di Desa Mangaran, akan membantu memberikan kontribusi dalam memperbaiki lapisan ozon. 

"Bibit tanaman tersebut, akan kita tanam di lahan kosong atau kita memanfaatkan spears lahan yang sekiranya tidak produktif seperti di bahu-bahu jalan. Nanti kita akan koordinasikan dengan pihak terkait. Karena ada bahu jalan sekitar 5 Km yang bisa ditanami bibit. Selain itu ada Tanah Kas Desa yang juga bisa ditanami." Ungkap Kades Inaraja kepada redaksi. 

Begitupun dengan Didid Prayitno, melalui Tim APSI, ia berharap bantuan dari Perhutani RPH Sumbermalang BKPH Besuki KPH Bondowoso, dapat memberikan manfaat seluas-luasnya kepada siapapun. Selain itu, dia berharap agar Tim APSI bisa bersinergi dengan segala pihak. 

"Semoga kepedulian Perhutani dan APSI ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya, baik Pemdes, masyarakat, dan lingkungan di sekitar. Gerakan penghijauan ini, semoga mewujudkan keseimbangan alam, terutama bisa mengurangi polusi udara. Kedepannya, Tim APSI semoga dapat segera solid dengan semua lapisan pihak." Harap Didit Prayitno. 

Pewarta: Agung Ch

0 Response to "Tim APSI Bersama Pemdes Mangaran Ikuti Gerakan Penghijauan, Tanam Ribuan Pohon"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel