-->

BREAKING NEWS !!!

Diduga Plang Papan Nama Proyek Disembunyikan, Pengerjaan CV Cahaya Lestari di Bondowoso Disorot Warga

  BONDOWOSO mitrajatim.com - Walaupun acap kali dipermasalahkan oleh masyarakat, namun masih saja ditemukan oknum pelaksana proyek yang did...

Tren Terbaru : 15 Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Tren Terbaru : 15 Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Redaksi, MITRAJATIM.COM Sebagai salah satu komoditi rempah-rempah, kayu secang atau nama latinnya Biancaea sappan adalah perdu anggota suku polong-polongan (Fabaceae). Baik kulit kayu dan kayunya sama-sama bermanfaat. Mengutip asal usul tumbuhan ini ada yang memperkirakan bahwa secang berasal dari India tengah, ke timur hingga Cina selatan, dan ke selatan hingga Semenanjung Malaya.

Di kawasan Asia Tenggara dan Nusantara, tumbuhan ini telah lama dibudidayakan orang, bahkan sebagiannya telah meliar kembali di alam. Di Afrika tumbuhan ini tercatat didapati di Nigeria, Kongo, Uganda, Tanzania, Reunion, Mauritius, dan Afrika Selatan.

Secang kebanyakan tumbuh alami pada lahan-lahan yang berlereng. Tidak tahan terhadap penggenangan, sehingga tanaman ini tumbuh subur pada tanah-tanah yang berliat atau berbatu kapur, atau adakalanya di tanah berpasir dekat sungai. Di Indonesia, kayu secang bisa dijumpai dengan mudah di berbagai e-commerce, dijual dalam bentuk kupas, serut, bubuk, maupun masih gelondongan.

Dalam artikel kali ini, Rumah.com akan menyajikan informasi seputar manfaat kayu secang yang terangkum dalam poin-poin sebagai berikut:

  1. Kayu Secang Sebagai Salah Satu Tanaman Herbal
  2. 15 Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan dan Tubuh
    1. Mengobati Radang Tenggorokan
    2. Mengobati Penyakit Diare
    3. Meredakan Mual dan Muntah
    4. Menyehatkan Organ Hati
    5. Obat untuk Demam Scarlet 
    6. Kayu Secang untuk Kesehatan Kulit
    7. Kayu Secang sebagai Obat Jerawat
    8. Diet dengan Kayu Secang
    9. Obat Penyakit Asam Urat
    10. Penangkal Tumor
    11. Penangkal Virus
    12. Mengatasi Diabetes
    13. Merelaksasi Pembuluh Darah
    14. Komponen Jamu Sehat
    15. Pewarna Makanan Alami
  3. Cara Konsumsi Kayu Secang Di RumaMelanjutkan pembahasan di atas, manfaat kayu secang bagi kesehatan dan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Bahkan manfaat kayu secang telah diteliti oleh banyak ilmuwan, sehingga diyakini mampu menjadi obat dari berbagai penyakit ringan hingga berat.
  4. Umumnya konsumsi kayu secang dalam kemasan serut lebih disukai, sebab praktis hanya tinggal direbus bersama air. Hasil air rebusan kayu secang berwarna merah muda, dengan rasanya yang manis, asin, dan netral. Konsumsi air rebusan kayu secang baik diminum pada pagi maupun malam hari.

    Melansir The Health Site, air yang direbus dengan serutan kayu secang memiliki sifat antimikroba. Hal ini karena kayunya sendiri memiliki metanol yang dapat menghambat bakteri Staphylococcus aureus, yang bisa menyebabkan infeksi kulit, keracunan makanan dan infeksi sendi. Simak 15 manfaat kayu secang bagi kesehatan dan tubuh Anda sekeluarga!

    1. Mengobati Radang Tenggorokan

    Mengutip laman Kompas Health, ekstrak serutan kayu secang dianggap dapat mengatasi radang tenggorokan karena telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri Strepcococus alpha. Bakteri Strepcococus alpha dapat hidup pada kulit dan tenggorokan manusia. Ketika bakteri ini menyebabkan infeksi, penularannya dapat terjadi melalui kontak langsung, baik dengan sentuhan kulit, lendir, maupun luka.

    2. Mengobati Penyakit Diare

    Manfaat kayu secang selanjutnya adalah mampu mengobati penyakit diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri Escherichia coli (E. coli). Diare biasanya muncul lantaran mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bakteri tersebut. Bayam, mentimun, keju, daging sapi, dan produk susu merupakan makanan dan cukup sering tercemar bakteri E. coli.

    3. Meredakan Mual dan Muntah

    Serupa dengan diare, mual dan muntah juga merupakan indikasi dari terjangkitnya bakteri Escherichia coli  dalam tubuh. Sehingga meminum air rebusan kayu secang yang hangat dan segar diyakini dapat meredakan mual dan muntah.

    4. Menyehatkan Organ Hati Ekstrak kayu secang telah digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional di Asia Tenggara. Merujuk hasil penelitian yang dipublikasikan di Science Direct, manfaat kayu secang untuk menyehatkan organ hati lantaran adanya kandungan yang mampu menghambat keracunan CCl4 atau karbon tetraklorida.

    5. Obat untuk Demam Scarlet

    Demam Scarlet merupakan penyakit paling umum yang terjadi pada anak-anak berusia 5-15 tahun. Gejalanya berupa ruam merah terang yang menutupi sebagian besar tubuh, luka tenggorokan, dan demam tinggi. Demam Scarlet diakibatkan oleh bakteri yang sama dengan radang tenggorokan yakni Streptococcus. Selain bisa diobati dengan antibiotik, penyakit ini juga bisa disembuhkan dengan cara alami yakni meminum air rebusan kayu secang secara rutin.

    6. Kayu Secang untuk Kesehatan Kulit

    Kandungan utamanya dari kayu secang adalah Brazilin, alias zat warna merah-sappan, asam tanat, dan asam galat. Brazilin inilah yang sudah teruji secara ilmiah bersifat antioksidan jenis polifenol sehingga dapat menjaga kesehatan kulit.  Seperti ditulis Liputan6, mengonsumsi kayu secang berguna untuk melawan radikal bebas dari lingkungan sekitar yang sangat sulit untuk dihindari.

    7. Kayu Secang sebagai Obat Jerawat

    Muka berjerawat? Jangan khawatir! Mencuci wajah dengan air rebusan kayu secang bisa menjadi pengobatan jerawat yang efektif. Brazilin yang terdapat pada ekstrak kayu secang telah terbukti melawan Propionibacterium acnes yang menyebabkan jerawat dan peradangan pada kelopak mata.

    Manfaat kayu secang juga dapat mengurangi kulit kusam sehingga wajah terlihat lebih cerah. Senyawa chalcone yang terdapat dalam kayu secang pun memiliki khasiat untuk mengurangi gejala alergi jika diminum secara rutin.

    8. Diet dengan Kayu Secang

    Kayu secang layaknya minuman tradisional lainnya, juga berfungsi untuk menurunkan berat badan. Kandungan yang terdapat pada kayu secang memang diyakini mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

    9. Obat Penyakit Asam Urat

    Kayu secang bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat karena memiliki kandungan sappanchalcone dan Caesalpin P. Kedua kandungan tersebut memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi yang ada di dalam kayu secang dapat mengobati penyakit asam urat Anda.

    10. Penangkal Tumor

    Seperti dilansir dari Suara.com, manfaat kayu secang berkhasiat untuk membunuh sel kanker payudara. Selain kayunya, daun secang juga bisa direbus dan dikonsumsi sebagai minuman sehat sehari-hari.

    11. Penangkal Virus

    Virus penyakit yang datang bisa diatasi dengan mengonsumsi air rebusan kayu secang secara teratur. Tak heran, wedang secang memang ampuh untuk menambah imunitas tubuh.

    12. Mengatasi Diabetes

    Senyawa Brazilin yang ada di kayu secang juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain Brazilin, senyawa kaesalpin P, sappankalkon, dan protosappanin A juga berfungsi menghambat enzim aldosa reduktase yang menyebabkan komplikasi diabetes. (Sumitro Hadi, SH / Redaksi)

0 Response to "Tren Terbaru : 15 Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan Tubuh Kita"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel