-->

BREAKING NEWS !!!

Diduga Plang Papan Nama Proyek Disembunyikan, Pengerjaan CV Cahaya Lestari di Bondowoso Disorot Warga

  BONDOWOSO mitrajatim.com - Walaupun acap kali dipermasalahkan oleh masyarakat, namun masih saja ditemukan oknum pelaksana proyek yang did...

Peringati Hari Kesiagaan Bencana Tahun 2022, Pemkab Bondowoso Melalui BPBD Luncurkan Aplikasi Si Gaban

Peringati Hari Kesiagaan Bencana Tahun 2022, Pemkab Bondowoso Melalui BPBD Luncurkan Aplikasi Si Gaban

 

Bondowoso, MITRAJATIM.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Tanggap Bencana (Si Gaban). Melalui aplikasi ini, warga bisa melaporkan kejadian bencana lewat smartphone.

Hal ini diketahui setelah Bupati Bondowoso, Salwa Arifin secara resmi melaunching aplikasi tersebut, Selasa (26/4/2022), di pondopo Kabupaten.

Bupati menerangkan, bahwa aplikasi Si Gaban ini berfungsi sebagai media pelaporan dalam rangka penanganan bencana di Bondowoso.

Menurutnya, bisa digunakan oleh seluruh masyarakat yang berada di wilayah Bondowoso.

“Tujuan dari plikasi ini masyarakat bisa mengetahui ancaman bencana alam di wilayah masing-masing,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap dengan adanya aplikasi ini bisa terus berkembang.

“Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang berkunjung ke Bondowoso,” harapnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Bondowoso, Dadan Kurniawan, menegaskan, aplikasi Si Gaban ini sebagai salah satu langkah kesiagaan bencana sejak dini.

Sebab, kesiagaan dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga serta kesiapan masyarakat menghadapi ancaman resiko dan dampak bencana yang akan diterima.

“Upaya penanggulangan bencana bukan hanya bekerja sendiri melainkan tanggung jawab bersama,” tegas, Dadan sapaan akrabnya.

Peluncuran aplikasi Si Gaban ini juga dalam rangka memperingati Hari Kesiagaan Bencana Tahun 2022.

“Tujuannya untuk meningkatkan dan pemahaman risiko bencana, menumbuhkan budaya sadar bencana serta melatih keterampilan cara yang tepat untuk menyelamatkan diri dari bencana,” cetusnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, aplikasi Si Gaban juga berisi informasi peta rawan bencana banjir, kekeringan, gunung berapi, likuifaksi, angin puting beliung, kebakaran hutan dan lahan, gempa bumi dan tanah longsor.

“Aplikasi tersebut bisa digunakan oleh seluruh masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Bondowoso untuk mengetahui ancaman bencana di wilayah mereka berada,” tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut, jajaran Forkopimda serta kepala OPD.

Sekadar diketahui, aplikasi Si Gaban yang diluncurkan Pemkab juga berisikan informasi penanganan bencana oleh BPBD Kabupaten Bondowoso serta informasi berbagai mitigasi bencana yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Aplikasi Si Gaban bisa diunduh di PlayStore dan AppStore. (SH/Ary*)

0 Response to "Peringati Hari Kesiagaan Bencana Tahun 2022, Pemkab Bondowoso Melalui BPBD Luncurkan Aplikasi Si Gaban"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel