-->

BREAKING NEWS !!!

4 Kasun Dipecat oleh Kades di Bondowoso, Konflik Batin Internal Keluarga Pasca Pilkades

Bondowoso, mitrajatim.com   – Pemecatan empat kepala dusun oleh Kepala Desa Kasemek, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso menuai sorota...

Wedang Secang ; Minuman Herbal Yang Berkasiat, Saat Berbuka

Wedang Secang ; Minuman Herbal Yang Berkasiat, Saat Berbuka

Wedang Kayu Secang

Gresik, MITRAJATIM.COM - Manfaat wedang Secang (rebusan kayu secangmerupakan sebuah alternatif minuman untuk buka puasa yang manis dan menyehatkan.
Dilihat dari komposisinya, minuman itu terdiri dari berbagai macam rempah-rempah seperti, serutan kayu secang, kayu manis, cengkeh, batang/daun serai, kapulaga, jahe dan gula batu/gula aren. 

" Cak Mail, merupakan pemilik warung di daerah Sumur Gede, Tenaru, Driyorejo, Gresik. mengaku, disamping menjual wedang kopi juga menyediakan wedang secang, minuman yang dibuat dari rebusan kayu secang (wedang secang) ini sangat laris manis, bahkan menjadi faforit kawula muda," Tuturnya.

Bahkan Adi Sarmo dan Selamun menyampaikan, sebelum berbuka puasa dan sahur, wedang secang menjadi menu pembukanya. "Sangat enak, apalagi kalau ditambah madu, jadi makin mantab," kata Adi sambil nongkrong diwarung. (5/2/2022).

"Menurutnya, setelah minum wedang secang, menimbulkan efek hangat pada tenggorokan dan badannya, itu karena pengaruh rempah-rempah yang ada dalam wedang secang.

"Maman juga menuturkan, wedang secang bisa membuat stamina pria tambah hot, imun tubuh jadi meningkat, dan tidak gampang masuk angin. "Minuman ini sangat bayak manfaat' diabet dan kolestrol (asam urat) bablas," Tuturnya.

Ia menuturkan, minuman herbal kayu secang ini sangat cocok untuk para ibu serta para bapak usia diatas 40 tahun, seperti saya," Imbuhnya.

Cara membuat wedang secang, kata cak Mail, dibilang cukup simpel dan mudah. Pertama siapkan bahan-bahan wedang secang kayu secang berbentuk stek atau sudah diserut, dua ruas jahe merah atau putih, satu buah daun serai, gula aren atau gula batu, satu batang kayu manis, dua buah cengkeh, dan empat gelas air. Selanjutnya, masukkan bahan-bahan kemudian rebus hingga mendidih dan wedang secang sudah siap untuk dihidangkan.

"Secang mengandung senyawa bermanfaat seperti brasilein, alkaloid, flavonoid, saponin, tannin, terpenoid, dan antrakinon. Selain itu secang memiliki kandungan asam galat, delta-a phellandrene, oscimene, resin, resorsin, minyak atsiri serta kandungan zat yang khas sesuai namanya sappanchalcone dan Caesalpin P.

Sehingga setek atau serutan kayu secang bisa digunakan sebagai bahan minuman bukan tanpa alasan, karena  terbukti memiliki banyak kasiat dan manfaat bagi kesehatan dan dipercaya mampu meningkatkan stamina.pria.

"Rutin minum rebusan kayu secang, makah bisa membantu menjaga imun tubuh semakin baik, sehingga bisa terhindar dari serangan penyakit.  (Red / SH)

Pewarta : (Sumitro Hadi,SH.)

.

0 Response to "Wedang Secang ; Minuman Herbal Yang Berkasiat, Saat Berbuka"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel