-->

Terbaru MJTV

BREAKING NEWS !!!

Pameran Lukisan, Memperingati Hari Lahirnya Pancasila Serta Peresmian Korwil MITRAJATIM.COM Wilayah Jateng

Boyolali. MITRAJATIM.COM - Dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Pelukis kondang Ki Djoko Sutedjo menggelar beberapa acara, di...

Lestarikan Warisan Budaya Leluhur,Kades Gandul Wujudkan Pembangunan Gedung Pendopo Sendang

Lestarikan Warisan Budaya Leluhur,Kades Gandul Wujudkan Pembangunan Gedung Pendopo Sendang


Madiun, MITRAJATIM.COM
- Meski saat ini hidup di jaman modern, seperti pesan tokoh pahlawan proklamator Ir Sukarno : 

"Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah," maka sebagian masyarakat masih berpegang teguh pada wejangan leluhur untuk selalu berpegang teguh dan melestarikan budaya leluhur yang mempunyai nilai ada budaya yang tinggi derajatnya.

Nilai budaya warisan leluhur inilah yang menjadikan NKRI masih utuh berdiri seperti saat ini.Untuk itu, masyarakat yang ada di Desa Gandul,Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun ini menggelar kegiatan yang dipusatkan di lokasi makam Sendang desa yang menjadi tempat pertemuan para tokoh masyarakat.

Lembaga desa dan masyarakat desa untuk menggelar kegiatan yang ditujukan menghormati dan melestarikan nilai-nilai budaya leluhur yang mempunyai nilai adab budaya yang tinggi.

Menurut Kades Sunarto, kegiatan pertemuan yang digelar di lokasi Pendopo Sendang Desa ini rutin diadakan tiap tahun.

Adapun dalam setiap kegiatan rutin tahunan digelar pertunjukan yang cukup meriah yaitu pertunjukan wayang kulit.Karena kondisi tempat pertemuannya sudah banyak yang rusak akibat dimakan usia,seperti kondisi genting atap yang bocor,kayu tiang dan atap banyak yang rusak dan kondisi lingkungannya usulan tokoh masyarakat dan lembaga desa dibangunlah Gedung Pendopo Sendang Desa Gandul.Pembangunan Gedung Pendopo Sendang Desa ini diambilkan dari anggaran Dana Desa sebesar Rp 142 juta yang telah dikerjakan oleh Timlak yang sudah ahli dalam bidangnya.

"Gedung Pendopo Sendang Desa ini rutin tiap tahun difungsikan untuk pertemuan tokoh-tokoh masyarakat dan lembaga desa membahas terkait pembangunan desa.Dan tiap tahun,di tempat Pendopo Sendang Desa ini digelar pertunjukan wayangan untuk menghormati leluhur dan menghibur masyarakat desa.Karena kondisi tempat pertemuan ini sudah banyak yang rusak,maka atas usulan tokoh masyarakat dan lembaga desa dibangunlah Gedung Pendopo Sendang Desa sebagai tempat pertemuan dan menggelar kegiatan desa . 

Alhamdulillah, pembangunan Gedung Pendopo Sendang Desa ini sudah selesai sesuai rencana. terang Kades Sunarto yang sudah menjabat 2 periode ini.

Penduduk Desa Gandul,Kec.Pilangkenceng,Kab.Madiun yang berjumlah 3637 jiwa sebagian besar mayoritas bermatapencaharian sebagai petani yang mengandalkan sektor pertanian.Sektor pertanian masih menjadi Sumber kehidupan utama di wilayah Kecamatan Pilangkenceng ini.Karena itu,Kades Sunarto yang menjabat 2 periode Ingin membangun dan memajukan Desa Gandul lebih baik lagi.

Untuk itu Kades Sunarto berharap tokoh masyarakat, tokoh lembaga dan masyarakat bersatu padu menyatukan satu tekad,satu pikiran dan satu tujuan untuk membangun desa Gandul menjadi desa yang berkembang,maju, mandiri dan sejahtera serta berakhlak mulia sesuai visi-misinya Bupati Madiun.(HARRY)

0 Response to "Lestarikan Warisan Budaya Leluhur,Kades Gandul Wujudkan Pembangunan Gedung Pendopo Sendang"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel