-->


BREAKING NEWS !!!

"Jadilah Pemimpin Yang Bijak" dan Memberi Inspirasi

                                                    Oleh; Sumitro Hadi, SH. Redaksi,     MITRAJATIM.COM - Menjadi Pemimpin ( leadership)   ...

Kades Kedungmaron Optimalkan Penyerapan Dana Desa 2023

Kades Kedungmaron Optimalkan Penyerapan Dana Desa 2023

Madiun, MITRAJATIM.COM - .Pemerintah pusat melalui Menteri pedesaan,pemerintah pusat akan menggelontorkan dana desa untuk mempercepat program pemerataan. dan program pembangunan ini difokuskan untuk pembangunan infra struktur/fisik yang bisa menyerap tenaga kerja.

Pengucuran program APBN ini bisa mengurangi angka pengangguran masyarakat desa.Seperi halnya Program Dana Desa ini telah dilaksanakan di Desa Kedungmaron,Kecamatan Pilangkenceng, Kab Madiun terbukti telah banyak membantu mengurangi angka pengangguran karena program ini telah menyerap banyak tenaga kerja.

Program ini cukup efektif untuk pengoptimalan program pemberdayaan masyarakat.Masyarakat Desa Kedugmaron, Kec Pilangkenceng, Kab Madiun merasa senang dan berterimakasih dengan adanya program pembangunan melalui Dana Desa.

"Dengan adanya program dari pemerintah ini telah sangat membantu masyarakat dalam mengurangi angka pengangguran mas.Dan bisa menggerakan dan mengangkat perekonomian desa ini,"terang Sukarjan  sebagai Ketua TPK Desa.

Ketika wartawan melakukan klarifikasi terkait penggunaan program APBN ini,Kades Sadiman mengatakan bahwa pihaknya melalui Tim TPK Desa yang diketuai oleh Sukarjan, akan mengutamakan pembangunan desanya melalui hasil Musrenbangdes. dalam musrenbangdes ini semua perwakilan masyarakat, Tokoh masyarakat.

Tokoh Lembaga dan Kepala Desa berkumpul untuk membahas program pembangunan desa mulai dari tahap Pendataan, Perencanaan, Pelaksanaan sampai Pertanggungjawabannya.Menurut Kades Sadiman bahwa pembangunan yang ada di desa ini menjadi tanggungjawab bersama.

Pihaknya tidak akan bisa bekerja sendiri.Untuk itu,pihaknya bersama lembaga desa dan tokoh masyarakat akan bekerja sama yang sinergis untuk membangun desanya menjadi lebih baik lagi.

Menurutnya,jumlah penduduk yang ada didesanya sekitar 2900 jiwa,terdiri dari 3 Dusun dan 15 RT, dan ini menjadi aset desa yang cukup penting.Untuk itu,program Dana Desa tahun ini difokuskan terlebih dahulu untuk pembangunan fisik dibeberapa titik lokasi, tetapi untuk tahap pertama ini difokuskan untuk program pengaspalan jalan."Program Dana Desa tahun ini difokuskan ke pembangunan infra struktur fisik di 3 dusun supaya nanti kondisi jalan desa yang akan dibangun menjadi lebih baik dan gak gampang rusak..

Program pembangunan pengaspalan jalan ini dilaksanakan di wilayah RT.01 /RT.02,RW.01 dengan anggaran 113 jutaan yang bersumber dari Dana Desa.Terlebih ini mendekati Hari Raya Idul Fitri,maka kondisi jalan diprioritaskan dulu untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan,"tegasnya kepada wartawan .(4/2023).

Menurut Kades Sadiman,untuk tahun ini anggaran Dana Desa yang telah diterimanya akan difokuskan untuk  penguatan kondisi jalan desanya supaya dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan.Kades Sadiman mengucapkan terimakasih atas turunnya dana desa ini semoga pembangunan desanya dapat lebih baik dan lebih maju lagi.

Kades Sadiman menyadari bahwa masih banyak wilayah desanya yang perlu perhatian dan masih membutuhkan dana yang cukup besar untuk dapat memajukan pembangunan desanya.Dan berharap supaya pemerintah kedepannya lebih memperhatikan kondisi desanya  dan tetap mengucurkan program bantuan keuangan Dana Desa karena desanya masih membutuhkan dana yang cukup besar untuk pemerataan pembangunannya.

Program ini juga berperan sebagai program pemberdayaan masyarakat yang dapat mengurangi angka pengangguran. "Meski Saya sudah menjabat 2 periode ini sebagai kepala desa,Saya ingin desa saya maju dan lebih baik lagi serta dapat mengejar ketertinggalannya dengan wilayah lainnya.Saya ingin mewujudkan visi dan misi saya untuk desa ini supaya dengan kepemimpinan sebagai kades dapat membangun dan memberikan sesuatu yang berharga buat desa ini termasuk mengangkat potensi desa yang ada ",tegas Kades Sadiman.(HARRY)

0 Response to "Kades Kedungmaron Optimalkan Penyerapan Dana Desa 2023"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel