Pelaksanaan Realisasi Jamban Untuk Warga Desa Tingkis Singgahan Tuban Diduga Ada Praktek Pal Gulipat.

Tuban, MITRAJATIM.COM - Pelaksanaan Realiasasi  Jamban MCK untuk warga di Desa Tingkis Singgahan Tuban yang anggaran dana nya diduga dari Dana Desa DD Tahun Anggaran 2022 patut diduga rawan praktek pal gulipat.Selasa (4 Mar 2023).

Pemkab Tuban sangat serius menjadikan bumi Ronggolawe  sebagai kabupaten Open Defection Free (ODF), tak tanggung-tanggung, demi menyukseskan program bebas dari buang air besar (BAB) tersebut, pemkab sudah menyiapkan anggaran sangat besar sekali.Akan tetapi warga yang menerima bantuan MCK kurang bisa merasakan dan atau menikmati manfaatnya dari program tersebut secara sepenuhnya.

Pasalnya,program jamban untuk warga di Desa Tingkis Singgahan Tuban yang diduga dibiayai Dana Desa Tahun Anggaran 2022, pelaksanaan realisasinya terkesan setengah hati dan diwarnai praktek Pal Gulipat.

Pelaksanaan realisasi Jamban MCK untuk warga yang seharusnya selesai 100% pada Desember 2022 malah molor sampai dengan 30 Maret 2023,itupun pelaksanaan Realisasinya di duga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya ( RAB).

Mbah Kami (65 Th) salah satu warga penerima manfaat MCK saat dikonfirmasi Awak Media menjelaskan:" Saya dapat bantuan 1 pasang closed jongkok dan 2 gorong-gorong, plesteran, dinding dan tenaga pasangnya pak." Jelasnya sambil jarinya menunjuk kearah gorong-gorong yang sudah tertanam itu." Jamban dan pasangan dinding tembok ini sebelum saya menerima bantuan  dulunya sudah ada lo pak." Tambah mbah Kami mengulangi penjelasanya.

Di Tempat yang sama Ketua RW;07, Raji sa'at dikonfirmasi awak media pada Kamis siang tanggal: 30 Maret 2023 menerangkan, bahwa Desa Tingkis mendapat bantuan 10 unit MCK,  uraianya 7 Unit MCK untuk warga di wilayahnya, sedangkan yang 3 Unit MCK dirinya tidak mengetahui warga di wilayah RT berapa yang menerimanya." 7 Unit MCK itu penerimanya adalah warga RT:02 RW:07 pak." Terangnya sambil menunjuk 1 Unit MCK  yang masih dalam proses pengerjaan.

Selanjutnya Ketua RW:07 Raji mempersilahkan beberapa Awak Media mengunjungi rumah warganya yang menerima manfaat MCK untuk melihat secara langsung atas pelaksanaan realisasi Jamban MCK,terlihat jelas bahwa sebagian besar pelaksanaan per Unitnya menggunakan kayu usuk dan dinding harplek warna putih, 1 pasang closed jongkok 2 pasang gorong- gorong dan jamban bagi penerima yang belum punya jamban. Saat Awak Media diperlihatkan 2 Unit  MCK  warna cat biru kuning yang diduga bantuan dari Pemprov Tahun Anggaran 2021oleh Ketua RW:07 Raji, dalam hati Awak Media bertanya-tanya ada apa di balik itu.Perlu diketahui 2 Unit MCK warna biru kuning itu yang 1Unit terlihat keramiknya sudah dalam keadaan. pecah-pecah.

Perlu disampaikan juga, karena sa,at itu suasana sedang diguyur hujan, awak  media belum bisa mengunjungi warga yang menerima bantuan MCK di RT:02 RW:07 sampai  selesai.Tercatat ada 6 rumah warga yang telah berhasil dikunjung 2 diantaranya adalah rumah warga yang sudah memiliki MCK bercat warna biru kuning itu.

Sementara itu saat berita ini dipublikasikan diantara Awak Media yang datang ke lokasi Dusun Ngopolo RT:02 RW:07 telah meminta penjelasan melalui pesan wasshaf ke: Kepala Desa Tingkis, Ketua BPD Tingkis, Kasi PMD dan Camat Singgahan,namun semuanya belum  memberikan  jawaban yang berarti.

Pewarta bangsarip.

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Lebih baru Lebih lama