-->


BREAKING NEWS !!!

Musibah Menimpah, Ayah dan Anak Alami Petaka di Penyebrangan Sungai

Gresik, MITRAJATIM.COM - Musibah memilukan ayah dan anak terjebur kesungai hendak menyebrang menggunakan jasa penyebrangan prau getek dari ...

Ngawur . . . PANGLIMA TNI DI Fitnah Oleh Youtuber Amatir

Ngawur . . . PANGLIMA TNI DI Fitnah Oleh Youtuber Amatir


Jakarta mitrajatim.comMenindaklanjuti beredarnya video yang menarasikan Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono memimpin ribuan anggota TNI mendeklarasikan capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan sebagai Presiden 2024 di akun YouTube MENARA ISTANA, Mabes TNI mengultimatum sang pembuat video.

Dalam pernyataannya hari ini, Mabes TNI meminta pelaku pembuat dan penyebaran video hoaks ini pelaku segera meminta maaf secara terbuka.

“TNI meminta kepada pihak MI (MENARA ISTANA) selaku pemilik produk video segera menjelaskan kepada publik dan menyampaikan permohonan maaf kepada TNI dan publik,” kata Kapuspen TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono di Jakarta, Kamis 18 Mei 2023.

Selain itu, TNI juga mengultimatum agar video tersebut segera digapus lantaran jelas bermuatan hoaks.

“TNI juga meminta akun MENARA ISTANA menghapus video tersebut,” tegas Laksamana Muda Julius.

Mabes TNI, lanjutnya, juga memastikan posisi pelaku sudah terdeteksi keberadaannya.

“Sudah dideteksi posisi alamatnya,” ungkap Laksamana Muda Julius .

Pihaknya juga akan menempuh jalur hukum kepada pelaku karena dinilai perbuatannya sudah melewati batas lantaran proses pembuatan videonya dilakukan dengan sangat disengaja.

“Jelas-jelas melanggar UU ITE, karena sengaja dengan niat kuat dari yang bersangkutan,” tandasnya.

Sebelumnya, pihak Mabes TNI juga sudah menyatakan jika video itu hoaks.

“TNI menyatakan dengan pasti bahwa video tersebut adalah tidak benar atau hoax,” tulis TNI melalui keterangan resminya, Kamis (18/5).

Peristiwa yang sesungguhnya terjadi dalam video sebenarnya adalah kegiatan olahraga Anies Baswedan di Markas Kopassus pada 9 November 2019 dimana saat itu Anies masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Jadi bukan Anies Baswedan dengan anggota partai NasDem di Jawa Barat seperti yang dinarasikan dalam video YouTube itu,” ucap pernyataan Mabes TNI.

Seperti diketahui, beredar video yang menarasikan jika Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono memiimpin ribuan anggota TNI mendeklarasikan capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan sebagai Presiden 2024. Kabar ini disebarkan akun YouTube MENARA ISTANA yang telah memiliki 20,1 ribu pengikut melalui sebuah video yang diunggah pada 16 Mei 2023.

“Dipimpin langsung Panglima Yudo Margono!! Ribuan TNI resmi deklarasikan Anies presiden 2024” begitu judul dalam unggahan tersebut.

Unggahan tersebut juga menyertakan gambar thumbnail berupa foto yang diduga telah direkayasa dengan narasi sebagai berikut:

“GEMPARKAN DUNIA MILITER, DI PIMPIN LANGSUNG PANGLIMA YUDO RIBUAN TNI AL RESMI DEKLARASIKAN ANIES PRESIDEN 2024”

Sementara, terkait narasi yang seakan-akan dibacakan seorang prajurit TNI AD berpangkat Kolonel memakai masker sehingga tidak terlihat gerak mulutnya. Padahal prajurit tersebut tidak mengucapkan kalimat seperti dalam video yang beredar. (Ary*/SH)

Suber : Puspen TNI AD

Editor : Hari Eko Pramono

Publiser : Mitra Jatim

0 Response to "Ngawur . . . PANGLIMA TNI DI Fitnah Oleh Youtuber Amatir"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel