-->


BREAKING NEWS !!!

Mojokerto Viral, Bertemunya Dua Samudra dalam Muara Budaya

Mojokerto, MITRAJATIM.COM  – Bertempat di Pendopo Paseban Tri Mukti Dlanggu Mojokerto pada Senin 29 April 2024 malam, telah bertemu dua toko...

 Verifikasi Open Defecation Free (ODF ) Desa Binakal

Verifikasi Open Defecation Free (ODF ) Desa Binakal


Bondowoso mitrajatim.com -Verifikasi desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) adalah proses memastikan status Open Defecation Free (ODF ) suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS/open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/ open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran tinja di ladang, hutan, semak-semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar sehingga mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

Pada hari Rabu,03/05/ 2023. tim verifikasi ODF (Open Defecation Free) Ibu Titin, selaku Kasi Kesling Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso bersama penanggung jawab Program Kesling Puskesmas Binakal, meninjau langsung ke beberapa rumah warga di Desa Binakal yang terdiri dari 4 dusun yakni, Dusun Krajan, Dusun Masjid, Dusun Malar dan Dusun Pandai secara acak.

Turut hadir dalam acara Verifikasi ODF yaitu  Kepala UPT Puskesmas Binakal, Komandan Pos Koramil Binakal, Kapolsek dan Kader Desa Binakal.

"Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan verifikasi ODF adalah memantau masyarakat secara langsung terkait perubahan perilaku hidup sehat di pedesaan yang semula masih kental dengan buang air besar di semabarangan tempat dan diharapkan mampu meningkatkan kualitas sanitasi."ujarnya.

Kepala Desa Binakal, H. Kartono menyatakan sangat mendukung kegiatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) ini.

Stop buang air besar sembarangan (SBABS) akan memberikan manfaat dalam menjaga lingkungan bersih, sehat, nyaman dan tidak berbau sehingga tidak mencemari sumber air yang dapat dijadikan sebagai air baku, air minum atau air untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi, cuci dan lain-lain."ungkapnya.(Kus/Ary*)

0 Response to " Verifikasi Open Defecation Free (ODF ) Desa Binakal"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel