Terwujudnya Organisasi 'Adat Agol-agol Nuswantoro' di Bumi Mojopahit

 

MOJOKERTO, mitrajatim.com – Dalam rangka mengoptimalkan nilai luhur kebudayaan bangsa, 'Sesepuh lan Pinisepuh' tokoh adat di Bumi Mojopahit menggelar pertemuan untuk membentuk dan mendiskusikan nama komunitas yang disebut sebagai 'Adat Agol-agol Nuswantoro'.

Istilah 'Adat Agol-agol Nuswantoro' sendiri, didefinisikan layaknya seperti Dewan Keamanan Adat (DKA). Rencananya, organisasi yang baru terwujud ini dalam waktu dekat akan mendeklarasikan diri di Wringin Lawang setelah peresmiannya sudah mengantongi izin Kemenkumham.

Kegiatan yang sangat diapresiasi oleh para insan seni dan budaya itu, dibangun melalui musyawarah di Pendopo Paseban Tri Mukti kediaman Edi Weliang, tempat yang dikenal masyarakat pegiat adat sebagai Kawah Candradimuka nya spiritual kota Onde-onde Mojokerto.

"Sesepuh lan Pinisepuh tokoh adat berkumpul disini untuk membahas dan membentuk semacam Dewan Keamanan Adat. Kalau di Bali itu ada yang namanya 'Pecalang', kenapa di Mojokerto belum ada hal yang semacam itu," kata Tri Marmo Utomo, ketua Adat Agol-agol Nuswantoro mengawali perbincangannya. Minggu Pahing, (05/05/2024) tadi malam.

Pria 57 tahun ini juga menyampaikan bahwa nama yang telah dibentuk tersebut, sudah disepakati bersama-sama oleh para tokoh budaya melalui hasil keputusan musyawarah.

"Dalam pertemuan di Pendopo Paseban Tri Mukti ini, teman-teman Sesepuh Pinisepuh hampir semuanya bisa hadir. Akhirnya disepakati bersama, bahwa 'Adat Agol-agol Nuswantoro' menjadi nama yang cocok untuk wadah kita," jelas Tri Marmo, sapaan familiar nya.

'Agol-agol' sendiri, lanjut Tri Marmo, itu artinya sama dengan keamanan. Anggotanya tergabung dari hampir semua cabang olahraga beladiri. Seperti Cabor taekwondo, kick boxing, Pertina tinju, karate, gulat dan hampir semua perguruan silat sudah merapat.

"Maka kita berkumpul disini agar bisa bersatu dan menghindari pertikaian dalam wadah yang bernama 'Adat Agol-agol Nuswantoro'. Baju boleh beda dan bermacam-macam, tapi isi dalam wadah tujuannya sama. Untuk itu, kita menyatukan visi misi ini demi kenyamanan dan keamanan di Mojokerto Raya," terangnya.

Pembentukan bidang keamanan yang diwadahi oleh organisasi 'Adat Agol-agol Nuswantoro' ini, diharapkan bisa menjadi penyejuk sekaligus mendamaikan segala lini setiap urusan dan kegiatan di wilayah napak tilas Kotaraja yang pernah menjadi pusat kerajaan Wilwatikta. 

Pewarta :Agung Ch

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Lebih baru Lebih lama