-->

BREAKING NEWS !!!

4 Kasun Dipecat oleh Kades di Bondowoso, Konflik Batin Internal Keluarga Pasca Pilkades

Bondowoso, mitrajatim.com   – Pemecatan empat kepala dusun oleh Kepala Desa Kasemek, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso menuai sorota...

Pemprov Jatim Akan Gelontorkan Dana Rp 100 Miliar untuk Petani

Pemprov Jatim Akan Gelontorkan Dana Rp 100 Miliar untuk Petani


Surabaya, Mitra-Jatim.com- Pemprov Jatim berencana menyalurkan dana hingga Rp 100 miliar untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi padi. Alokasi dana dari APBD itu, akan menjadi dana bergulir yang disalurkan melalui Bank Jatim dengan bunga 6 persen per tahun.

Fattah Jasin, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jatim, Fattah Jasin mengatakan, dana tersebut diberikan melalui Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) di beberapa daerah, seperti Malang, Ngawi, Nganjuk, dan kabupaten/kota lain di Jatim. Daerah yang diberikan merupakan daerah pilihan yang dinilai memiliki potensi penghasil padi.

"Gapoktan yang nanti menerima dana, harus dibelikan alat untuk menunjang produktivitas petani. Aantara lain alat penggilingan, penjemuran gabah dan sejenisnya," katanya saat menghadiri pelepasan beras medium Operasi Pasar Bulog Divre Jawa Timur, Selasa (9/1/2018).

Melalui pembelian alat-alat tersebut, kata Fattah, diharapkan mampu meningkatkan keuntungan petani hingga 60 persen dari keuntungan biasanya. Karena, selama ini petani menjual gabah kering harganya fluktuatif. Sehingga, keuntungan tidak terlalu banyak. "Keberadaan alat-alat pertanian tersebut, petani diharapkan tidak hanya menjual gabah kering saja," ucapnya.
.
Program ini merupakan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang akan dievaluasi selama 3 bulan. Jika program ini berhasil, Presiden Jokowi akan mengalihkan subsidi pupuk senilai Rp 6 triliun per tahun, khusus petani di Jatim untuk disalurkan melalui program serupa. (lia/sh/edo)



0 Response to "Pemprov Jatim Akan Gelontorkan Dana Rp 100 Miliar untuk Petani "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel