Mengungkap Fakta di Balik Berita

Bupati Amin Ingatkan Kades Kelola DD Yang Baik dan Jaga Infrastruktur Desa


Bondowoso, Mitra-Jatim.com- Bupati Bondowoso Amin Said Husni tidak henti-hentikan mengingatkan para kepala desa (kades) untuk mengelola penggunaan dana desa (DD) dengan baik guna mengembangkan potensi desa serta selalu menjaga dan memelihara infrastruktur desa akan terasa manfaatnya bagi masyarakat. Pesan ini disampaikan Bupati Amin dalam setiap kunjungan kerja (kunker) di lima wilayah kerja dari 22 Januari lalu hingga Kamis siang (8/2/2018).

Dihadapan kades, camat, dan kepala OPD (Organisasi Pemerintahan Daerah) lingkup Pemkab Bondowoso, Bupati Amin mengatakan, anggaran DD Bondowoso 2018 meningkat hingga sekitar Rp 23 miliar dibanding kan 2017. Rinciannya, DD bersumber APBN mencapai Rp 197,149 miliar dan ADD bersumber dari APBD mencapai Rp 96,657 miliar. ”Dengan bertambahnya DD dan ADD, saya minta kades mengelola dengan baik dengan membuat perencanaan pembangunan desa sinergi pembangunan kabupaten, pemprov dan pemerintah pusat,” katanya.

Bupati Amin menjelaskan, ada tiga komponen yang membentuk DD. Pertama alokasi dasar yakni semua desa menerima, tanpa memperhatikan jumlah  masyarakat miskin dan syarat lainnya. Kedua, alokasi formula yakni, sejumah dana yang dikucurkan kepada desa untuk membentuk komponen DD dengan memperhitungkan aspek  jumlah penduduk dan masyarakat miskin, luas wilayah, serta geografis dengan bobotnya masing-masing. Ketiga alokasi afirmasi yakni, bagian DD dialokasikan pada daerah yang dianggap desa tertinggal dan sangat tertinggal dengan jumlah penduduk miskin yang paling tinggi.

Selain itu, bupati dua periode pilihan langsung masyarakat Bondowoso itu dalam setiap kunkernya meningatkan kades dan masyarakat selalu bisa menjaga dan memelihara infrastruktur di desa yang sudah dibangun, seperti jalan, saluran irigasi, maupun bangunan lainnya di desa. ”Jadi, selesai dibangun malah dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan. Sehingga, bangunan infrastruktur di desa rusak sebelum waktunya. Disinilah dibutuhkan kesadaran, gotong royong, dan kebersamaan perangkat desa dan masyarakatnya,” katanya.

Kunker Bupati Amin dibagi lima wilayah kerja. Pertama di GOR Pelita Bondowoso (22/1/2018) peserta Kecamatan Binakal, Pakem, Tegalampel, dan Wringin. Kedua di resi gudang besuk Klabang (25/1/2018) peserta Kecamatan Botolinggo, cermee, Klabang, Perajekan, dan Tapen. Ketiga di SMKN 4 Pancoran (29/1/2018) peserta Kecamatan Grujugan, Jambesari Darussolah, Maesan, dan Tamanan. Keempat di Gedung BLK Wonosari (5/2/2018) peserta Kecamatan Bondowoso, Tenggarang, Wonosari, Taman Krocok, dan Curahdami. Terakhir di resi gudang Sumberwringin (8/2/2018) peserta Kecamatan Pujer, Ijen (dulu Sempol), Sukosari, Sumber Wringin, dan Tlogosari. (edo)
Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -