-->

BREAKING NEWS !!!

Polisi Resmi Larang Naik Motor Pakai Sandal Jepit

Jakarta mitrajatim.com - Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi baru saja memberlakukan larangan penggunaan sandal jepit saat berkenda...

Kendalikan Penyakit dengan Paradigma Hidup Sehat

Kendalikan Penyakit dengan Paradigma Hidup Sehat


Bondowoso, Mitra-Jatim.com- Paradigma hidup sehat sangat penting dalam mengendalikan penyakit yang saat ini polanya berubah. Karena, selain melalui upaya penyembuhan kuratif dan rehabilitatif, pengendalian penyakit yang sekarang polanya berubah sangat dibutuhkan pengendalian melalui pola pikir, pola tindak, dan kegiatan yang memfokuskan pada promotig dan preventif.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jatim Kohar Ari Santoso saat kegiatan Gebrak Meja (Gerakan Bersama Masyarakat  dan Karyawan Mengendalikan Jentik Aedes) yang digelar Dinas Kesehatan Bondowoso di Pendapa Bupati setempat, Selasa (27/2/2018). Berkaitan immorbilitas atau pengendalian penyakit, kata Kohar Ari, pola penyakit sekarang berubah. Kalau tahun 90-an, prosentase penyakit menularnya kira-kira 56 persen, yang 30 persennya adalah penyakit tidak menular dan 7 persennya penyakit karena trauma seperti kecelakaan.

Tapi sekarang, pola penyakitnya berubah. Yakni, 57 persen penyakit tidak menular, 30 persennya penyakit menular, dan 13 persennya karena kecelakaan  ”Karena itu, penanganannya sedikit banyak bergeser dengan menekankan pentingnya paradigma hidup sehat. Artinya, pola pikir, pola tindak, dan kegiatan memfokuskan pada promotif dan preventif, selain upaya penyembuhan kuratif dan rehabilitatif penyakit,” katanya.

Kohar Ari juga menyampaikan ada empat prioritas program kesehatan di Indonesia ke depan. Diantaranya, kesejahteraan ibu dan Anak dengan AKI dan AKB yang menjadi perhatian indikatornya. Kemudian, pengendalian penyakit menular, tidak menular, dan bencana yang indikatornya adalah angka kesakitan. ”Yang ketiga masalah gizi, yang indikatornya adalah stunting. Dan keempat fasilitas pelayanan kesehatan harus bagus,” terangnya.

Bupati Bondowoso Amin Said Husni juga menjelaskan, guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menjadi pekerjaan rumah yang tidak ringan. Karena, harus merubah paradigma hidup sehat masyarakat yang menyangkut mindset, cara berpikir, berperilaku, dan bertindak dengan perilaku kesehatan sehari-hari. ”Karena itu, peran Kepala Desa dan Lurah, Ketua RT/RW sangat penting dalam mengedukasi agar perilaku hidup sehat masyarakat semakin baik,” jelasnya.(edo)

0 Response to "Kendalikan Penyakit dengan Paradigma Hidup Sehat "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel