Mengungkap Fakta di Balik Berita

Polda Jatim Selidiki Laporan Dugaan Korupsi Pengadaan Ambulans Desa di Jember

Jember,Mitra-Jatim.com- Polda Jatim menerjunkan tim penyelidik tindak pidana korupsi (tipikor) untuk menyelidiki laporan masyarakat mengenai dugaan korupsi pengadaan mobil ambulans desa di Jember. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, Polda Jatim masih melakukan pengecekan, karena ambulans desa merupakan bantuan pemerintah menggunakan anggaran belanja daerah.

”Jadi, namanya bantuan hibah ambulans, maka itu  harus dicek dulu, apakah perencanaannya dilakukan untuk penggunaan itu, ataukah memang sudah disahkan DPRD, apakah hanya keputusan bupati tanpa ada pengesahan DPRD, ataukah memang alokasinya dari hal tertentu kebijakan bupati, juga apakah spesifikasinya sesuai, tentunya itu masih perlu diselidiki," kata Kombes Pol Mangera.

Di sisi lain, Kepala Dinkes Jember Siti Nurul Qomariah mengatakan, tim Polda Jatim hanya mengklarifikasi. ”Jadi ada pengaduan masyarakat. Tapi arah ke mananya kami belum tahu," katanya kepada wartawan.  Pemkab Jember selama 2017 mengadakan 195 ambulance desa melalui katalog elektronik. Penataannya disesuaikan rapat tim yang dibentuk Bupati Faida, dengan mengevaluasi sejumlah indikator di sebuah desa dan usulan DPRD Jember.

Pada 2018, Pemkab Jember menganggarkan Rp 16,81 miliar untuk pengadaan 53 unit ambulans desa dalam APBD. Rinciannya, 43 unit untuk medan datar sebera Rp 11,61 miliar dan 10 unit untuk medan sulit sebesar Rp 5,2 miliar. Hal ini disampaikan Bupati Faida saat penyampaian pengantar nota keuangan dan RAPBD, di gedung DPRD Jember pada 27 Februari 2018.(jan/edo)

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -