Mengungkap Fakta di Balik Berita

Presiden Jokowi: Kritik Itu Harusnya Tidak Asbun


Jakarta,Mitra-Jatim.com- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintahan yang dipimpinnya bersama Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla dan dibantu para menteri kabinet kerja tidak antikritik.  Justru kritik diperlukan pemerintah untuk kemajuan bersama. Namun yang selama ini disampaikan banyak pihak kepada pemerintah, bukanlah kritik. Melainkan mencela, mencemooh, fitnah, dan nyinyir.

Penegasan itu disampaikan Presiden Jokowi di Rapimnas ke-2 Partai Perindo di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu malam (21/3/2018). ”Kritik itu penting sekali untuk memperbaiki kebijakan. Karena, belum tentu juga pemerintah itu betul. Kalau salah, ya ada yang mengingatkannya dengan kritik. Tapi tolong, bedakan kritik dengan mencemooh atau mencela. Bedakan kritik dengan fitnah. Bedakan kritik dengan nyinyir. Bedakan kritik dengan menghujat. Beda itu,” tegasnya.

Karena itu, menurut Presiden Jokowi, kritik haruslah berbasis data serta informasi yang akurat. Bukan sebaliknya, asal bunyi. ”Kritik itu harusnya tidak ’asbun’ asal bunyi. Tidak asal bunyi, tidak asal bicara. Tapi, kritik itu mestinya dimaksudkan untuk mencari solusi, untuk mencari kebijakan yang lebih baik,” katanya.

”Juga, seluruh unsur masyarakat Indonesia memang sudah saatnya kembali ke nilai-nilai adat ketimuran yang mengutamakan kejujuran, perilaku sopan santun, serta musyawarah untuk mufakat. Sekarang marilah kita bekerja sama meningkatkan kualitas demokrasi kita. Membuat demokrasi kita yang menyejahterakan rakyat dan kebebasan politik yang santun dan konstruktif serta  sesuai adat istiadat Bangsa Indonesia,” tandasnya. (tom/tyo/edo)

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -