-->

BREAKING NEWS !!!

Polisi Resmi Larang Naik Motor Pakai Sandal Jepit

Jakarta mitrajatim.com - Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi baru saja memberlakukan larangan penggunaan sandal jepit saat berkenda...

11.151 Siswa Kelas VI di Bondowoso Ikuti USBN SD/MI 2018

11.151 Siswa Kelas VI di Bondowoso Ikuti USBN SD/MI 2018



Bondowoso,Mitra-Jatim.com- Sebanyak 11.151 siswa kelas VI Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD/MI 2018.  Sebelas ribu lebih siswa ini berasal dari SD dan MI negeri maupun swasta yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Tape – julukan melegenda Kabupaten Bondowoso-.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso, Lilik Harijati melalui telepon seluler, Minggu (30/4/2018) menjelaskan, pelaksanaan USBN SD/MI 2018 di Bondowoso total diikuti 11.151 siswa kelas VI SD/MI negeri mapun swasta. ”Rinciannya, 9.328 siswa SD Negeri, 311 siswa SD Swasta, 71 siswa MI Negeri, dan 1.441 siswa MI Swasta,” jelasnya.

Lilik menambahkan, untuk jadwal USBN SD/MI 2018 dilaksanakan dengan dua tahap. Yakni, tahap pertama merupakan jadwal USBN utama pada 3 – 5 Mei 2018 dan tahap kedua merupakan USBN susulan pada 7 – 9 Mei 2018. ”Mata pelajaran USBN SD/MI 2018 adalah hari pertama (3/5/2018) Bahasa Indonesia, hari kedua (4/5/2018) Matematika, dan hari ketiga (5/5/2018) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),” ujarnya. ”Sedangkan, Agama, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) masuk Ujian Sekolah (US) dan sudah selesai dilaksanakan,” imbuh Lilik.

Mengenai soal ujian, Lilik mengatakan, pembuatan soal ujian tetap mengacu pada ketentuan Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP).  Meski begitu, tidak sepenuhnya pembuatan soal ujian dilakukan pusat. ”Sesuai ketentuan petunjuk teknis, 25 persen soal ujian dibuat oleh tim pemerintah pusat dan 75 persen pembuatan soal ujian diserahkan kabupaten/kota disesuaikan kurikulum yang diberikan di sekolah dasar,” katanya.

Lilik juga menegaskan, USBN SD/MI tidak menentukan kelulusan seorang siswa. Tapi, USBN SD/MI  sangat penting dan wajib diikuti siswa SD/MI kelas VI. ”Hasil USBN SD/MI ini, memang tidak menentukan kelulusan siswa. Akan tetapi, nilai ujian ini akan menjadi pertimbangan saat hendak memasuki jenjang pendidikan selanjutnya ke SMP. Jadi, USBN SD/MI ini sangat penting dan menjadi perhatian juga,” tegasnya. (edo)



0 Response to "11.151 Siswa Kelas VI di Bondowoso Ikuti USBN SD/MI 2018 "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel