-->

BREAKING NEWS !!!

Polisi Resmi Larang Naik Motor Pakai Sandal Jepit

Jakarta mitrajatim.com - Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi baru saja memberlakukan larangan penggunaan sandal jepit saat berkenda...

Lewat BEKERJA, Mentan Arman Gelontor Bantuan pada Belasan Ribu Masyarakat Prasejahtera di Bondowoso

Lewat BEKERJA, Mentan Arman Gelontor Bantuan pada Belasan Ribu Masyarakat Prasejahtera di Bondowoso


Bondowoso,Mitra-Jatim.com- Kementerian Pertanian (Kementan) RI membagikan 500 ribu bibit kopi, 646 ekor kambing, dan 50 ekor ayam beserta pakan dan kandang ternak kepada 12.269 masyarakat kurang mampu atau prasejahtera di 25 desa yang tersebar di 3 kecamatan di Bondowoso. Pemberian bantuan pengentasan kemiskinan dari program ’Bedah Kemiskinan Rakyar Sejahtera’ (BEKERJA) ini, secara simbolis diserahkan langsung Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman di Dusun Legan, Desa/Kecamatan Sumberwringin, Selasa (22/5/2018).

Didampingi langsung Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, Menteri Arman mengatakan, satu sampai dua tahun ke depan, Bondowoso kita targetkan sudah bisa bebas kemiskinan. Karena, menurut dia, pengentasan kemiskinan di Bondowoso sebenarnya relatif mudah. Mengingat, Pemkab Bondowoso telah menciptakan fondasi pemberdayaan ekonomi kerakyatan lewat program klusterisasi kopi rakyat yang digagas sejak 2010. ”Makanya, di Bondowoso yang iklimnya cocok untuk kopi ini, bantuan kita tingkatkan dari 100 ribu bibit kopi menjadi lima kali lipat 500 ribu bibit kopi,” katanya.

Karena itu, Menteri Arman menambahkan, melalui program ini, Kementan RI akan mendorong produksi kopi Bondowoso bisa mencapai 2-3 ton perhektar. Apalagi, produksi kopi ini  perhektar pendapatannya bisa Rp 200-250 juta pertahun. ”Jadi sebulan bisa Rp 25 juta, kalau lahannya hanya 1/3 bisa Rp 6-7 juta perbulan. Masyarakat pra sejahtera/kurang mampu ini adalah masyarakat dengan pendapatan hanya Rp 1,5 juta atau dibawah Rp 3 juta,” tambahnya.

Menteri Arman juga mengapresisai kepemiminan Bupati Amin yang dalam dua periode mampu menurunkan angka kemiskinan di Bondowoso dari 22,33 persen pada 2008 menjadi 14.54 persen pada 2018. ”Saya berharap setelah ada program BEKERJA dari pemerintah pusat ini, target angka kemiskinan Bondowoso tahun deon bisa menjadi di bawah 10 persen,” katanya.

Bupati Amin Said Husni meminta kepaa masyarakat Bondowoso penerima bantuan dari program BEKERJEa yang diserahkan langsung Mentan RI Arman Sulaiman agar memanfaatkan bantuan dengan baik. Sehingga, masyarakat bisa meningkatkan perekonomian keluarganya dan dapat hidup lebih sejahtera.  Program BEKERJAa ini merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementan RI yang bersinergi dengan beberapa Kementerian lainnya. Yakni, Kemensos, BUMN, Kemendes, dan BKKBN. Program bantuan ini harapannya bisa mendorong 16 juta masyarakat kurang mampu/prasejahtera menjadi lebih sejahtera. (edo)

0 Response to "Lewat BEKERJA, Mentan Arman Gelontor Bantuan pada Belasan Ribu Masyarakat Prasejahtera di Bondowoso "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel