Mengungkap Fakta di Balik Berita

Hakim Vonis Mati Terdakwa Terorisme Aman Abdurrahman

Jakarta,Mitra-Jatim.com- Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menjatuhkan vonis hukuman mati terhadap terdakwa kasus terorisme bom Thamrin Jakarta, Aman Abdurrahman. Majelis hakim menyatakan terdakwa Aman terbukti telah melakukan tindak pidana terorisme.

”Mengadili Aman Abdurahman terbukti sah melakukan tindak pidana terorisme dan menjatuhkan pidana mati," kata Ketua Majelis Hakim Akhmad Jaini dalam sidang pembacaan vonis di PN Jakarta Selatan, Jumat (22/6/2018). Majelis hakim menyatakan tidak ada hal yang meringankan terdakwa. Sementara hal memberatkan terdakwa adalah residivis, penggagas JAD, serta ajaran yang menyebabkan korban jiwa dan menghilangkan masa depan seseorang.

Menanggapi vonis hakim itu, terdakwa Aman menyatakan pikir-pikir melakukan banding. Pengacara Aman, Asludin Atjan mengaku syok atas vonis hakim terhadap kliennya. ”Ya nanti dulu, saya masih syok," katanya. Vonis hakim ini sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Sebelumnya, JPU menuntut pria kelahiran Sumedang 46 tahun itu dengan hukuman pidana mati.

JPU menyebut tidak ada unsur yang meringankan terdakwa Aman. Justru, JPU menyebutkan, ada enam poin yang memberatkan Aman. ”Menurut kami, tidak ditemukan hal-hal yang meringankan dalam perbuatan terdakwa," ujar jaksa Mayasari membacakan surat tuntutan dalam persidangan di PN Jakarta Selatan pada 18 Mei 2018 lalu..

Terdakwa Aman ini didakwa melanggar Pasal 14 juncto Pasal 6 Perppu Nomor 1 Tahun 2002 yang telah ditetapkan menjadi UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme sebagaimana dakwaan kesatu primer. Dakwaan kedua primer, terdakwa Aman telah melanggar Pasal 14 juncto Pasal 7 Perppu Nomor 1 Tahun 2002 yang telah ditetapkan menjadi UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. (tom/tyo/edo),


Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -