Mengungkap Fakta di Balik Berita

KPU Temukan Banyak Berkas Bakal Caleg Bondowoso Tak Lengkap


Bondowoso,mitra-jatim.com- Banyak bakal calon anggota legislatif (caleg) peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 untuk berebut kursi anggota DPRD Bondowoso periode 2019-2024 yang mendaftar ke KPU setempat harus melengkapi lagi persyaratan administrasinya. Karena, setelah dilakukan verifikasi pada berkas persyaratan administrasi 538 bakal caleg yang didaftarkan 16 parpol pada 17 Juli lalu, KPU Bondowoso menemukan banyak berkas bakal caleg tidak lengkap.

Diantaranya, banyak bakal caleg belum menyertakan SKCK yang dikeluarkan kepolsian, surat keterangan tidak pernah ditahan dari pengadilan, dan belum melampirkan KTA (Kartu Tanda Anggota). ”Juga di Silon kita temukan, yang discan ijazah asli dan bukan ijazah dilegalisir. Karena, kalau yang discan ijazah asli, sementara yang disetor yang dilegalisir basah, ya kami contreng TMS (Tidak Memenui Syarat). Jadi, harus sama,” kata Saifullah, Komisioner KPU Bondowoso Divisi Tekhnis saat acara penyerahan hasil verifikasi kelengkapan dokumen bacaleg, Jumat (20/7/2018).

Saifullah menjelaskan, hampir semua parpol peserta pemilu harus melengkapi berkas administrasi bakal calegnya. Untuk itu, KPU menginformasikan kepada parpol untuk melengkapi berkas persyaratan administrasi bakal calegnya hingga akhir Juli atau pada 31 Juli 2018. ”Kalau bakal caleg yang TMS perempuan kemudian tidak diganti atau tidak dilengkapi berkasnya, maka satu dapil bisa hilang semua. Tapi kalau laki-laki, diganti atau tidak diganti tidak berpengaruh pada yang lain,” jelasnya.

Karena itu, Saifullah mengingatkan semua bakal caleg sudah melengkapi kekurangan berkas persyaratannya sebelum 31 Juli 2018. ”Ini agar KPU bisa lebih cepat melakukan verifikasi perbaikan. Kita nanti khawatir ketika tanggal 1-7 Agustus 2018, jika verifikasi perbaikan KPU masih ditemukan TMS, ya kita coret dan  kita beritahu untuk mengganti,” ujarnya.(edo)

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -