-->

BREAKING NEWS !!!

Masyarakat Gambangan, Maesan Bondowoso Kerja Bakti Bangun Jalan Swadaya (Part 2)

Bondowoso,  MITRAJATIM.COM   - Kondisi jalan di desa Gambangan arah jalan menuju desa Tanahwulan, Maesan  sudah lama rusak dan baru saja sel...

Dinsos Tuban dan Supliyer Lakukan Pengawasan Ketat Daging Ayam Produk Lokal

Dinsos Tuban dan Supliyer Lakukan Pengawasan Ketat Daging Ayam Produk Lokal

Tuban, mitra jatim.com. - Terkait penemuan daging ayam yang tidak layak konsumsi bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM BPNT) di Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

Ditemui diruang kerjanya, pada Jumat (14/08/20) Plt. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Tuban, Joko Sarwono mengatakan bahwa, pihaknya telah mengirimkan tim untuk mengecek secara langsung di lapangan. (14/8/2020)

Hal ini dilakukan untuk mengklarifikasi tentang temuan tersebut. “Tim juga memastikan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah menerima daging pengganti yang lebih layak konsumsi.” Terang Joko Sarwono

"Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Tuban ini mengungkapkan bahwa, tanggung jawab pemenuhan komoditas daging ayam pada program Bantuan Sosial Pangan (BSP) ada pada supplier, dalam hal ini adalah BUMD Ronggolawe Sukses Mandiri, sehingga sesuai dengan SOP, mereka yang harus bertanggung jawab dan menggantikan dengan yang layak.” Sebagai tindak lanjut kami akan segera kirimkan Surat teguran secara tertulis," tegasnya.

Joko Sarwono mengungkapkan bahwa: Pemkab Tuban sangat memperhatikan tentang program untuk keluarga miskin di Kabupaten Tuban, termasuk BPNT. “Saya berharap kepada semua pihak yang telah di tunjuk pada program pengentasan kemiskinan untuk dapat mematuhi standar yang harus dipenuhi, atau jika tidak bisa akan kita lakukan evaluasi.” tegasnya.

Sementara itu, Direktur BUMD Ronggolawe Sukses Mandiri, Amin Jaya menjelaskan bahwa adanya temuan daging ayam tidak layak konsumsi di Kecamatan Jenu telah dilakukan penggantian secara langsung. Ia menjelaskan bahwa temuan ini hanya terjadi di Kecamatan Jenu, dimana mulai Agustus, khusus di Jenu tidak ditangani langsung oleh BUMD melainkan pengusaha ayam lokal.
“Pengadaan daging ayam diberikan kepada pengusaha lokal adalah untuk uji coba sebagai tindak lanjut Hearing dengan DPRD Tuban sebelumnya untuk dapatnya melibatkan pengusaha dan Produk Lokal,"  terangnya.

Masih menurut Amin Jaya, untuk kedepan, BUMD akan melakukan evaluasi dan pendampingan terhadap pengusaha/produk lokal untuk mengedepankan prinsip kehati-hatian dan seleksi kwalitas lebih ketat," pintanya.

Lebih lanjut Amin menambahkan bahwa, selama ini BUMD mengedepankan pemenuhan standar kwualitas dan layanan, salah satunya dengan pemenuhan daging ayam kemasan Frozen atau beku yang didatangkan dari Jombang dan Sidoarjo.

Hal senada diungkapkan Kordinator Daerah Program BST BPNT, Kasiatiningsih, yang menyatakan bahwa, adanya temuan daging ayam tidak layak konsumsi telah dilaksanakan penggantian. Ditemukannya permasalahan ini karena proses penyimpanan yang dilakukan oleh agen belum memenuhi standar. “Seharusnya memang disediakan alat pembeku atau frozen bukan lemari es biasa.” ungkapnya.

"Disisih lain Kasiatiningsih juga mengatakan bahwa, kedepan pihaknya bersama Tim TKSK dan Supliyer akan melakukan pengawasan khusus terhadap produk/pengusaha lokal mitra kerja dan berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan standar kualitas. Sehingga hal yang sama tidak terulang lagi diwaktu mendatang. (Msp/red*)

0 Response to "Dinsos Tuban dan Supliyer Lakukan Pengawasan Ketat Daging Ayam Produk Lokal"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel