-->

BREAKING NEWS !!!

PEMBUKAAN TENARU GAMES NAMPAK SEMARAK

                                                                      Foto : Mitra Jatim Gresik, MITRAJATIM.COM - Pembukaan Tenaru Gemes  d...

Surabaya Peringati Bulan Bahasa : Bahasa Merupakan Alat Pemersatu Bangsa

Surabaya Peringati Bulan Bahasa : Bahasa Merupakan Alat Pemersatu Bangsa

Surabaya, Mitrajatim.Com - Bahasa adalah suatu alat pemersatu bangsa bagi umat manusia, bahasa juga sebagai alat komunikasi antar sesama bisa difahami dan dimengerti satu dengan lainya.

"Menjelang peringatan Bulan Bahasa 28 Oktober Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya mengadakan peringatan bulan bahasa dengan dongeng melalui sosial media. 

Dalam mendongeng seluruh petugas bersinergi dalam pembuatan media dongeng, penulisan naskah dongeng, melalui proses latihan hingga pembuatan video semua dapat terangkum dari kelas penulis, prakarya, pendongeng hingga multimedia.

Didalam kegiatan bulan bahasa dapat mengambil tema kearifan lokal kota Surabaya. Salah satu contoh Taman Bacaan yang ada di wilayah Dukuh Pakis Surabaya seluruh petugas sedang membuat tema tentang Hutan Lobre di Dukuh Pakis akan dijadikan kearifan lokal yang ada diSurabaya.

"Penghijauhan hutan Surabaya ini terletak di daerah Sukomanunggal Surabaya. Dalam pembuatan media mendongeng petugas yang tergabung dalam kelas prakarya membuat media Busy Book suatu permainan anak (Pembelajaran anak) yang berupa buku sehingga anak bisa tertarik dibuatnya.

Tidak hanya media dongeng yang di buat petugas yang tergabung dalam kelas penulis juga membuatkan cerita dongeng tentang kearifan lokal Hutan Lobre Surabaya. Setelah cerita dan media dongeng di buat saatnya kelas pendongeng dan  - multimedia mengimplementasikan dalam bentuk video.

Mengimplementasikan dalam bentuk dongeng dengan adanya kelas pendongeng mengajak calon  pendongeng untuk membawakan artikel dongeng. Seperti Amirah Sabrina Salsabila Syah yang biasa di panggil Aira salah satu bibit pendongeng kelas 6 sekolah dasar dari Khadijah 2 Surabaya merupakan binaan pendongeng Dukuh Pakis Surabaya.

"Saya senang bisa terpilih dan belajar mendongeng, karena mendongeng ini merupakan salah satu kegiatan baru bagi saya dan tantangan buat saya", jelas Aira saat di temui reporter Mitra Jatim. Aira menambahkan "apalagi dalam mendongeng harus berhadapan banyak kamera untuk diambil gambarnya yang dilakukan sama kakak-kakak petugas dari multimedia". 

Dalam kegiatan pengambilan gambar di hutan lobre Surabaya seluruh petugas Taman Bacaan Se Kecamatan Dukuh Pakis Surabaya bekerjasama dengan kelompok komunitas seni Surabaya Barat.

Amat Mulyono selaku koordinator Komunitas Seni Surabaya Barat, dalam kegiatan tersebut ia berhalangan hadir karena ada kegiatan yang tidak bisa di tinggalkan sehingga dalam kesempatan pengambilan video dongeng tentang busy book Hutan Lobre Surabaya di wakili oleh  Fery Suharmono yang biasa di panggil mas Fery.

"Pembuatan video busy book Hutan Lobre Surabaya mas Fery tidak hanya mendampingi namun ikut terlibat dalam pembuatan video busy book Hutan Lobre Surabaya berperan sebagai ayah dari Aira karena dalam kegiatan dongeng sedikit dibuat teatrikal dongeng. "saya sangat bangga bisa ikut membantu dalam pembuatan video busy book Hutan Lobre Surabaya walaupun lelah karena harus sering berulang-ualang pengambilan namun perasaan lelah menjadi senang bisa bermain teatrikal dongeng menambah wawasan tampil di depan kamera".

Kegiatan Busy Book Hutan Lobre Surabaya petugas se Kecamatan Dukuh Pakis banyak melibatkan masyarakat sekitar. dalam pembuatan trektrikal dongeng tentang busy book se Kecamatan Dukuh Pakis dapat di nikmati masyarakat sekitar sebagai peringatan bulan bahasa rencananya di tayangkan melalui media sosial instagram," Pungkasnya. (Rizqi/Red*)

0 Response to "Surabaya Peringati Bulan Bahasa : Bahasa Merupakan Alat Pemersatu Bangsa"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel