Mengungkap Fakta di Balik Berita

Pendopo Bupati Bondowoso, Belum Ada ( Fasum ) Bagi Penyandang Disabilitas

BONDOWOSO, Mitrajatim.Com - Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional, ternyata belum ada perhatian Bupati Bondowoso terhadap penyandang Disabilitas," (8/12/2021)

Ini dibuktikan saat Dinas Sosial (Dinsos) bersama Bank Jatim Bondowoso menggelar Pameran Karya putra putri Penyandang Disabilitas, dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional di Pendopo Bupati Bondowoso.

"Ironis" Penyandang disabilitas yang menjadi peserta merasa kesulitan masuk dan keluar pendopo bupati. Bahkan, penyandang disabilitas menggunakan kursi roda nyaris terjatuh saat melewati tangga pendaopo bupati, jika tidak ditolong orang disampingnya.

Mery Dian Kharisma Pribadi selaku Pendamping Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Bondowoso, kepada wartawan mengatakan, seharusnya tangga masuk keluar pendopo bupati ada bidang miring untuk penyandang disabilitas sehingga bisa dipakai kursi roda, tidak harus diangkat orang lain," Ungkapnya. 

"Ia sangat berharap semua fasilitas umum (fasum) di Bondowoso memberi kemudahan bagi disabilitas. Apalagi, fasum ramah disabilitas di Bondowoso masih minim. "Seharusnya, semua OPD sudah ramah bagi disabilitas," Harapnya.

Ka.Dinsos Bondowoso, Anisatul Hamidah mengatakan, memang seharusnya fasum OPD Pemkab Bondowoso ramah bagi disabilitas. "Tentunya satu persatu fasilitas umum dibenaji agar bisa diakses penyandang disabilitas. Karena, undang-undang memberikan hak aksesbilitas penyandang disabilitas memanfaatkan fasilitas publik yang layak," Tegasnya.

"Pameran karya disabilitas Bondowoso dibuka Bupati KH Salwa dan dihadiri Pimcab Bank Jatim Bondowoso Theresia Wiwin Ermawati. Karya disabilitas binaan Dinsos yang dipamerkan diantaranya, batik tulis, gantungan kunci, sandal, bros dari kain perca, bando, sandal dari limbah plastik, serta beragam makanan dan minuman. (Tm/Red)

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -