Mengungkap Fakta di Balik Berita

PILKADES PAW SUMBERKOLAK BERJALAN SUKSES, HANTARKAN SUPANDI SEBAGAI KADES TERPILIH

SITUBONDO, Mitrajatim.Com - Pemerintahan Desa (Pemdes) Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, melaksanakan kegiatan pemungutan suara dalam rangka Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Penggantian Antar Waktu (PAW) di gedung Graha Cendikia PGRI, Jalan Baluran, Kabupaten Situbondo. Rabu, (22/12/21). 

Pelaksanaan pada pemilihan Kepala Desa (Kades) PAW Sumberkolak tersebut, diikuti oleh tiga kandidat Cakades yang terseleksi sebelumnya. Yakni, Supandi (Nomor urut 1), Rizki Pristiwanto (Nomor urut 2), dan Tukiman (Nomor urut 3). 

Dalam mekanisme nya, Supandi memperoleh kemenangan mutlak dengan hasil 86 suara. Sementara, Rizki Pristiwanto mendapatkan pencapaian hanya 2 suara. Sedangkan Tukiman, mengantongi hitungan 63 suara. 

Total undangan pemilih yang terdaftar, diketahui berjumlah 152 peserta. Namun kedapatan 1 anggota yang dijumpai tidak hadir. Surat suara yang tidak sah, terhitung nihil. Sehingga, perolehan suara pencoblosan untuk seluruh peserta tetap menjadi 151 suara sah. 

Menurut pantauan awak media, ketentuan penetapan Kades PAW yang sekarang, terasa lain dengan seleksi pemilihan Kades dari yang biasanya. Lazimnya, seluruh penduduk mempunyai hak pilih suara pada pemilihan Kades nya. 

Namun tatkala nominasi Kades PAW dikukuhkan, warga dalam menggunakan hak pilihnya ditunjuk melalui unsur perwakilan tokoh masyarakat nya masing-masing. Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 65 tahun 2017, tentang perubahan atas Permendagri Nomor 112 tahun 2014 tentang Pilkades pada pasal 47 D. 

Kadis DPMD Situbondo, Lutfi Joko Prihatin mengatakan, "Kita telah melaksanakan pemungutan suara Pilkades PAW Desa Sumberkolak berjalan dengan lancar, sukses dan tidak ada masalah. Saya mengingatkan kepada semuanya, agar menjaga kondusifitas terkait purna pelaksanaan dari pemilihan Kades PAW. Bagaimanapun Kades PAW ini mempunyai hak yang sama sebagai Kades terpilih definitif." Ungkap Lutfi

Lebih lanjut, Supandi, selaku Kades PAW Sumberkolak terpilih menegaskan, "Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah. Untuk yang pertama, saya mengucapkan Inna lillahi wa inna ilayhi rojiun, karena ini amanat yang sangat berat bagi saya. Namun, saya akan melaksanakan amanat ini dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku." Tuturnya

Selain itu, Supandi juga berharap agar dalam pemerintahan nya kedepan, sudah tidak ada lagi kesenjangan perbedaan dari pihak satu, dua dan tiga. Ia juga menghimbau, kepada seluruh warganya nanti supaya bersama-sama kembali membangun Pemdes Sumberkolak. 

Lebih dari itu, ketika awak media menanyakan langkah awal pemerintahannya dalam pembangunan desa, ia menerangkan, "Karena saya melanjutkan Pemdes yang lama, kita akan mencoba membedah RPJM Desa yang sudah di susun oleh Pemerintahan yang lama. Kemudian kita kolaborasikan program-program saya, sehingga RPJM desa yang sudah ada ini, tidak harus dibongkar tapi hanya diperkuat saja." Imbuh Supandi. 

Berdasarkan pengamatan redaksi, pengamanan musyawarah desa dalam pemilihan Kades antar waktu itu, nampak melibatkan satuan keamanan dari TNI-Polri, berikut Sat Pol PP. (Pewarta: Agung Ch)

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -