Mengungkap Fakta di Balik Berita

Bupati Bondowoso Bentuk Dua OPD Baru, Tunjuk Dokter jadi Kadishub

 

BONDOWOSO, Mitrajatim.Com - Penggabungan struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Bondowoso, Bupati KH. Salwa Arifin melantik dua Kepala OPD baru. Yakin, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) dan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Kadisnakkan).

Lebih lanjut, Dua Kepala OPD baru yang dilantik Bupati Salwa Arifin di Pendapo Bupati Bondowoso, Senin 3 Januari 2022, diantaranya dr. Agus Suwardjito dan M. Halil. Dokter Agus menjadi Kadishub yang sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB), sebabnya DPPKB digabung di Dinas Sosial (Dinsos).

"M.Halil yang sebelumnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan dipercaya oleh Bupati Salwa menjadi Kadisnakkan. karena Ketahanan Pangan digabung di Dinas Pertanian. Namun, pelantikan dokter Agus Suwardjito sebagai Kadishub oleh Bupati Salwa, dianggap aneh dan menarik perhatihan hingga menjadi sorotan publik.

Karena latar belakang Agus Suwardjito dokter dan pernah menjabat Kepala Dinkes, Direktur RSUD dr. Kusnadi dan Asisten II Pemkab Bondowoso. "Tidak tepat pak Agus menjadi Kadishub, karena latar belakangnya dokter," kata salah seorang ASN saat usai pelantikan, Senin 3 Januari 2022.

upati Salwa menegaskan, tidak ada masalah penempatan dokter Agus dari Kepala DPPKB menjadi Kadishub. Karena, sudah disesuaikan kondisi saat ini dan berkoordinasi dengan Kemendagri serta mengacu Permen PAN-RB No.17/2021 "Penggabungan DPPKB ke Dinas Sosial dan dokter Agus sebagai Kadishub, saya kira tak masalah," tegas Bupati Salwa.

Selanjutnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bondowoso Asnawi Sabil menambahkan, penunjukan dokter Agus sebagai Kadishub merupakan keniscayaan. Mengingat, semua Kepala OPD lingkup Pemkab Bondowoso sudah terisi.

"Pelantikan Kadishub dan Kadisnakkan konteksnya bukan open bidding, tapi adanya perubahan struktur OPD baru. Sehingga, dokter Agus sebagai kepala OPD yang digabung, bisa langsung dilantik Kepala OPD lain yang belum terisi," tambahnya.

Ada dua OPD baru, Pemkab Bondowoso memisahkan kebudayaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bergabung Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Bupati Salwa juga merombak ratusan pejabat administrasi eselon III dan IV lingkup pemkab ke jabatan fungsional. Yakni, melantik 40 pejabat eselon III dan IV pada 27 Desember 2021 serta 200 pejabat eselon III dan IV pada 31 Desember 2021. (Sh/Tim*)

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -