-->


BREAKING NEWS !!!

"Jadilah Pemimpin Yang Bijak" dan Memberi Inspirasi

                                                    Oleh; Sumitro Hadi, SH. Redaksi,     MITRAJATIM.COM - Menjadi Pemimpin ( leadership)   ...

Ditreskrimsus Polda Jatim Ungkap Penyalahgunaan Pupuk Bersubsidi, Libatkan 24 Tersangka

Ditreskrimsus Polda Jatim Ungkap Penyalahgunaan Pupuk Bersubsidi, Libatkan 24 Tersangka


Surabaya, mitrajatim.com
- itreskrimsus Polda Jatim dan Polres jajaran berhasil mengungkap tindak pidana ekonomi penyalahgunaan pupuk bersubsidi periode Januari hingga April 2022.

Kasus itu melibatkan tersangka Barnas (35) warga Meduran, Kelurahan Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik, selaku pemilik pupuk. Goplo (50) warga Desa Gemulung, Kerek, Tuban, selaku pemilik pupuk.

Ahmad Muhaimin (44) warga Dusun Loran, Desa Babadan, Pangkur, Ngawi, pemilik pupuk.

Sedangkan yang disidik Polres jajaran seperti Muhamad Tali (35) petani, warga Kelurahan Kalipuro, Kalipuro, Banyuwangi, supir truk. Dan Zainullah (52) warga Dusun Pposomur, Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, supir.

Nur Kholis (35) petani, warga Kelurahan Bangsalsari, Kabupaten Jember, pemilik pupuk. Dan Muhammad Dahlan (38) petani warga Jember selaku pemilik pupuk.

Sulistiyowati (46) warga Hasanudin, Tanjung Anom, Nganjuk, pemilik pupuk. Dan Heby Noer Prayoga (25) pelajar warga Dusun Banyuanyar, Kabupaten Kediri, Lukgiono (37) warga Dusun Kapan, Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. Lanjut Supriatiningsih (43) warga Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Malang, pemilik pupuk.

Tersangka lain Purwanto (41) warga Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo, pemilik pupuk. Dan Suratno (37) warga Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, pemilik pupuk.

Tersangka Suparji (42) warga Kecamatan Kandangan, Kabupaten Ngawi, pemilik pupuk. Tersangka Bagus Yudha Kristiawan (37) warha Kecamatan Pulung, Ponorogo, pemilik pupuk.

Tersangka Bonadji (32) Kecamatan Pulung, Ponorogo, pemilik pupuk. Tersangka Zairuddin (44) Kecamatan Pelenggaan, Pamekasan, Madura selaku pemilik pupuk. Tersangka Sugeng Prawoto (46) warga Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, pemilik pupuk.

Tersangka Anton Setyo Budi (38) Kecamatan Kanigoro, Kabuaten Blitar, pemilik pupuk. Tersangka Muklis Putra (39) Kecamatan Karangates, Sampang Madura, pemilik pupuk.

Tersangka Hidayat (44) Kecamatan Karangates, Sampang, pemilik pupuk. Tersangka Matsari (32) Karangates, Sampang Madura, pemilik pupuk. Tersangka Matheri (50) Karangates, Sampang Madura, pemilik pupuk.Tersangka Shrul Prawiro (37) Karangates, Sampang Madura, pemilik pupuk.

Kapolda Jatim Irjenj Nico Afinta didampingi Dirreskrimsus Kombes Farman dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto, Senin (16/5/2022) mengatakan, total tercatat 24 orang yang diduga terlibat dalam penyalahgunaan pupuk bersubsidi yang ditangani oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim ada 3 terlapor. Dan ditangani penyidik Polres jajaran tercatat 21 tersangka.

Barang bukti yang disita oleh penyidik sebanyak 279,45 ton (5.589 sak) pupuk bersubsidi disita oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim sebanyak 98,8 ton (1.976 sak) pupuk bersubsidi.

Sedang barang bukti disita oleh penyidik Polres jajaran total sebanyak 180,65 ton (3.613 sak) pupuk bersubsidi.

Modus operandi pelaku tidak terdaftar sebagai distributor maupun sebagai pemilik kios resmi, namun melakukan penimbunan pupuk bersubsidi dan menjual kembali pupuk bersubsidi yang dibeli dari dalam maupun luar wilayah Jatim dengan harga di atas het (harga eceran tertinggi).

Selain itu, pelaku melakukan oper sak dari karung pupuk bersubsidi ke karung pupuk non subsidi. Adapun harga eceran tertinggi senilai Rp115.000,- /sak dan akan di jual dengan harga bervariasi antara Rp 160.000 sampai Rp. 200.000.

Hal itu sehingga estimasi keuntungan dari penjualan barang bukti pupuk bersubsidi yang di sita senilai Rp 251.505.000 sampai Rp. 475.065.000.

Pelaku berencana akan menjual pupuk bersubsidi pada masa tanam di wilayah daerah setempat dan ke luar wilayah (Kalimantan Timur).

Konologis perkara – sekira Januari – Apri 2022, Polisi melakukan kegiatan pengecekan di wilayah Jatim dan didapati beberapa pelaku melakukan penimbunan pupuk bersubsidi dan menjual kembali pupuk bersubsidi dengan harga di atas het (harga eceran tertinggi).

Selanjutnya dilakukan penyitaan terhadap barang bukti kejahatan di lokasi kejadian dan para pelaku dibawa ke Mapolda Jatim dan Polres Jajaran untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Upaya penanganan dalam kasus ini penyidik melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian RI di Jakarta, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, Dinas Pertanian Kota dan Kabupaten wilayah Jawa Timur. Dan ahli pidana dari civitas akademik Universitas Airlangga Surabaya.

Sementara estimasi kerugian negara yang dapat diselamatkan Rp 603.635.000.

Tersangka dijerat pasal 6 ayat 1 huruf (b) jo pasal 1 sub 3e Undang-undang darurat nomor 7 tahun 1955 tentang pengusutan, penuntutan dan peradilan tindak pidana ekonomi dan/atau pasal 21 ayat (1) jo pasal 30 ayat (3) peraturan menteri perdagangan nomor 15/m-dag/per/4/2013 tentang pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian jo permentan nomor 41 tahun 2021 tentang alokasi dan harga eceran tertinggi pupuk bersubsidi sektor pertanian tahun anggaran 2022, dengan ancaman pidana hukuman penjara selama-lamanya 2 tahun. (SH/Ary*)

0 Response to "Ditreskrimsus Polda Jatim Ungkap Penyalahgunaan Pupuk Bersubsidi, Libatkan 24 Tersangka"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel