-->


BREAKING NEWS !!!

Lambatnya Proses Penegakan Hukuman Disiplin PNS Di Pemkab Bondowoso

Bondowoso, MITRAJATIM.COM - Belakangan ini banyak dugaan temuan perilaku oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus berpedoman pada ketentuan ya...

Unik ; Lukisan Nnyi Roro Kidul dipamerkan Dekat Sendang Kuno Bendo

Unik ; Lukisan Nnyi Roro Kidul dipamerkan Dekat Sendang Kuno Bendo

 

Boyolali, MITRAJATIM.COMPada umumnya khususnya masyarakat Jawa malam 1 muharram atau Suro mengadakan tirakatan doa bersama di perempatan jalan kampung punden Sendang yang sudah kuno.

"Myarakat berkumpul di Mushola dan Masjid untuk berdoa kepada Tuhan YME, agar semua masyarakat di kampungnya diberikan keselamatan serta dijauhkan dari mala petaka di Tahun kedepannya.

Ki Djoko Sutedjo salah satu pelukis terkenal dari dukuh Pelang, Bade, Klego, Boyolali ini pada tanggal 1 muharram Tahun 1444 H, bertepatan hari sabtu 30 Juli 2022 ia memamerkan karya lukisannya Nyi Roro Kidul atau Ratu Kidul di bawah pohon beringin yang rindang di Sendang Bendo.

Sendang yang sudah kuno tidak dipakai lagi oleh penduduk sekitar karena sudah menggunakan air pam, untuk kebutuhan air minum dan lain-lain.

Sendang ini pada jaman dahulu masyarakat sekitar digunakan untuk mandi mencuci dan air minum. kenapa lukisan nyi roro kidul dipamerkan di Sendang Bendo yang sudah kuno. 

"Ki Djoko menuturkan agar generasi muda kita mengerti bahwa sendang-sendang kuno dahulu nenek moyang kita selalu menggunakan air sendang, berharap generasi sekarang mengenal asal usul dan sejarah untuk merawat dan melestarikan nya," Kata Ki Djoko.

Pameran lukisan di sendang ini kebanyakan dikunjungi oleh para para petani yang melewati usai mencangkul di sawahnya. 

Giyatno, seorang petani merasa senang dengan diadakannya pameran di dekat sendang ini. Ki Djoko semvbari menceritakan Nyi Roro Kidul ini merupakan putri kerajaan sunda yang diusir ayahnya karena ulah ibu tiri nya. kedudukan Nyi Roro Kidul sebagai Ratu Lelembut di tanah Jawa menjadi motif populer dalam cerita rakyat serta dongeng sebelum tidur. (MJ)

1 Response to "Unik ; Lukisan Nnyi Roro Kidul dipamerkan Dekat Sendang Kuno Bendo"

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel