-->

BREAKING NEWS !!!

Diduga Plang Papan Nama Proyek Disembunyikan, Pengerjaan CV Cahaya Lestari di Bondowoso Disorot Warga

  BONDOWOSO mitrajatim.com - Walaupun acap kali dipermasalahkan oleh masyarakat, namun masih saja ditemukan oknum pelaksana proyek yang did...

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan  (Kampung Pancasila), Wahana Pembumian Ideologi Pancasila di Bumi Kironggo Bondowoso

Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Kampung Pancasila), Wahana Pembumian Ideologi Pancasila di Bumi Kironggo Bondowoso

Bondowoso, MITRAJATIM.COM - Masyarakat, setelah sekian tahun kurang mendengar gaungnya P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan  Pancasila) atau BP7 (Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) pada era Orde Baru dengan Kepres No.10 Tahun 1979 Oleh Presiden Soeharto, dan dibubarkan Oleh Presiden BJ Habibie dengan Kepres No.27 Tahun 1999 du era Reformasi. 

Selanjutnya terhitung sejak 2018, dibentuklah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan Perpres No. 7 Tahun 2018. Dengan Kepala BPIP Periode Pertama adalah Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi., MA  Ph.D, dengan Ketua Dewan Pengarah Prof.Dr (HC) 

Megawati yang dilantik oleh Presiden RI Ir.H Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, yang selanjutnya dikukuhkan kembali periode Kedua (2022 - 2027) dan dilantik Di Istana Presiden Selasa, 7 Juni 2022. Seterusnya dibentuk Jejaring Panca Mandala di seluruh Propinsi dan Kabupaten / Kota Se Indonesia, termasuk di  Jawa Timur yang di Deklarasikan di Gedung Grahadi Gubernuran Surabaya, pada Hari 28 Juli 2022, disaksikan dan ditandatangani Berita Acara Pengukuhan oleh Bupati Se Propinsi Jawa Timur.

JPM Masing-masing daerah, memenuhi 5 Unsur, yakni Unsur Tokoh Masyarakat, Unsur Akademisi, Unsur Usahawan, Unsur Media, dan Unsur Pemerintah. Adapun JPM masing-masing  Daerah dengan nama khas dan ikonnya. JPM Bondowoso, dengan Nama JPM Bumi Kironggo.

Berkenaan dengan Pembumian Kembali Ideologi Pancasila   maka telah diadakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dalam Bingkai NKRI, dengan sasaran Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Generasi muda, dan Elemen Masyarakat yang lain. Kegiatan ini dimotori dan difasilitasi Bakesbangpol Kabupaten masing-masing di Seluruh Indonesia. 

Pada hari Kamis, 3 November 2022, bertempat di Balai Kelurahan Sekarputih, telah dilaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Kampung Pancasila) Oleh Bakesbangpol Kabupaten Bondowoso, dan dibuka oleh Ir. Winarto,MSi. Sekdin Bakesbangpol. 

Dalam sambutannya, Winarto menyampaikan, Latar belakang diadakannnya Sosialisasi Pemahaman nilai-nilai Pancasila, dengan berkah Kampung Pancasila, dalam rangka Kita menguatkan kembali bahwa Pancasila itu sebagai Dasar NKRI serta sebagai falsafah hidup Berbangsa dan Bernegara. Sehingga Kita Harus sadar, dengan point yang wajib  dan selalu dipahami oleh setiap warganegara. Dasar Landasan Negara adalah Pancasila adalah Sumber dari segala Sumber Hukum. Setiap Undang-Undang, Peraturan, kebijakan yang dibuat tidak boleh bertentangan dengan Pancasila.

Awal sambutan Camat Tegalampel, selaku Tuan rumah menyampaikan terima kasih, atas wilayahnya di Sekarputih telah digunakan untuk kegiatan Sosialisasi Ideologi,  menanamkan kembali tentang Ideogi Pancasila untuk berbangsa dan bernegara.  Kegiatan ini menjadi urgen, diakui atau tidak Indonesia, hari ini berada pada pusaran Ideologi Transnasional. Banyak Ideologi-ideologi hari ini yang diluar Pancasila, menari-nari untuk mendegradasi Ideologi Kita yang sudah disepakati  yaitu Ideologi Pancasila, imbuh  Suhaeri Alicandra S Sos, Camat Tegalampel.

Kegiatan Wawasan Kebangsaan Kampung Pancasila ini telah hadir nara Sumber, untuk Pencerahan kembali Ideologi Pancasila, bersama penghayatan dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari berbangsa dan bermasyarakat, antara lain : 
Deny Arifana SH, Kejaksaan Bondowoso; Irsan Marwanda Bachtiar, ST. Anggota Komisi 1 DPRD Bondowoso; Dr.Joko Nugroho MM. MSi, JPM Bumi Kironggo Bondowoso; Kapten Armed Edi Mulyono, Danramil Tegalampel Kodim 0822.
Pada Acara Pemaparan Nara Sumber dan tanya jawab peserta, telah dipandu oleh Lutvi Andriani, SH., Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan Ekonomi Sosial Budaya, Bakesbangpol Bondowoso. (Awo-MJ).


0 Response to "Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Kampung Pancasila), Wahana Pembumian Ideologi Pancasila di Bumi Kironggo Bondowoso"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel