-->

BREAKING NEWS !!!

Diduga Plang Papan Nama Proyek Disembunyikan, Pengerjaan CV Cahaya Lestari di Bondowoso Disorot Warga

  BONDOWOSO mitrajatim.com - Walaupun acap kali dipermasalahkan oleh masyarakat, namun masih saja ditemukan oknum pelaksana proyek yang did...

Uang Koin Kuno Harga Fantastis "Banyak di Buru Kolektor"

Uang Koin Kuno Harga Fantastis "Banyak di Buru Kolektor"

Bondowoso, MITRAJATIM.COMSejarah uang berawal ketika masyarakat belum mengenal pertukaran. Pada saat itu, masyarakat masih memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, sampai pada akhirnya mereka menyadari akan kebutuhan barang-barang yang tidak dapat terpenuhi.

Mereka kemudian menukarkan barang miliknya dengan barang milik orang lain yang dibutuhkan, atau disebut dengan barter (barang ditukar barang). Namun barter menimbulkan berbagai kesulitan, antara lain sulit menemukan orang yang memiliki barang yang dibutuhkannya dan sulit mendapatkan barang dengan nilai tukar yang sama dengan yang ditukarkan. Oleh sebab itu muncul ide untuk menggunakan benda-benda tertentu yang digunakan sebagai alat tukar, yaitu mulai tercetus mata uang.

"Benda-yang digunakan sebagai alat tukar pada saat itu belum memiliki pecahan sehingga adanya uang logam yang berupa emas dan perak. Emas dan perak dipilih karena memiliki nilai yang tinggi, tahan lama, mudah dipecah tanpa mengurangi nilai, mudah dipindahkan dan nilai bahan uang sama dengan nilai yang tercantum pada uang tersebut (nilai intrinsik sama dengan nilai nominalnya). Pada kelanjutannya, kegiatan tukar-menukar dengan uang logam.

Disamping itu, transaksi dalam jumlah besar juga sulit dilakukan dengan uang logam sehingga diciptakanlah uang kertas meskipun pada awalnya uang kertas tersebut juga berfungsi sebagai ‘kertas-bukti’ kepemilikian emas atau perak yang digunakan sebagai alat tukar menukar sesuai dengan nilainya.

"Seiring perkembangan jaman, uang logam dan kertas mengalami perubahan hingga menjadi uang logam dan kertas yang digunakan masyarakat saat ini. Uang yang beredar di masa lalu yang sudah tidak digunakan lagi di masa sekarang disebut sebagai uang kuno.

Uang kuno itulah saat ini mulai dicari keberadaanya, dan harganyapun sangat fantastis (mahal), uang kuno kini menjadi barang antik dan langka, banyak diburu dan dicari, tetapi bukan untuk ditukar atau membeli barang, namun dengan uang koin kuno konon bernilai seni tinggi dan tidak jarang yang menuturkan bahwa siapapun yang menyimpan atau membawa uang koin kuno banyak membawah berkah. 

"Sedangkan fungsi turunan yang masih dimiliki dari uang kuno adalah keantikan dan kandungan logam yang bernilai seni tinggi. disamping itu uang koin dengan ciri lubang tengah konon banyak bernilai sakral dan keajaiban pada si pemilik uang kuno tersebut, 

Bukan berarti menyimpan dan memiliki uang kuno untuk digunakan membeli barang pada masa sekarang atau masa depan, melainkan menyimpannya untuk dikoleksi dan dapat dijual sewaktu waktu waktu kepada para pemburu uang kuno karena uang tersebut memiliki nilai sejarah yang tidak tergantikan.

Walaupun sudah tidak berlaku sebagai alat tukar di masa sekarang, tetapi uang kuno baik logam maupun kertas menjadi barang langka yang kini diburu kolektor, dilihat dari uang koin negara mana, tahun yang ada di uang koinya, dianggap sesuai lantas ada penawaran sampai per uang koin ditawar seharga Puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah..(Sh/Red*)

0 Response to "Uang Koin Kuno Harga Fantastis "Banyak di Buru Kolektor""

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel