-->


BREAKING NEWS !!!

"Jadilah Pemimpin Yang Bijak" dan Memberi Inspirasi

                                                    Oleh; Sumitro Hadi, SH. Redaksi,     MITRAJATIM.COM - Menjadi Pemimpin ( leadership)   ...

Jembatan Kironggo longsor?,)

Jembatan Kironggo longsor?,)

Bondowoso, MITRAJATIM.COM - Jembatan Kironggo, merupakan tempat Ikon Wisata Kuliner Kota Bondowoso yang saat ini longsor. Kejadian ini terjadi pada hari jumat malam 24 Maret 2023, jam 15.00 WIB, Saat hujan sangat lebat mengguyur kota Bondowoso.

"Longsornya area Jembatan persisnya sebelah selatan Bibir sungai Sampean, yang menghubungkan Alun-alun ke jalan Kironggo, Asta Makam RBA Kironggo Sekarputih Bondowoso. 

Pada saat pembangunannya, sudah menjadi polemik dimasyarakat. Hal ini karena Jembatan yang nilai proyeknya sekitar 14 Milyard, namun sering banjir di jalan jembatan, karena tinggi jalan jembatan lebih rendah dari jalan utara selatannya. 

Disamping itu bangunan Area Wisata kuliner di Utara dan Selatan Jembatan, plengsengan pengaman area sepanjang 35 m dan setinggi 15 m yang longsor, diduga tidak menggunakan kekuatan pondasi dan kerangka besi bertulang, sebagaimana proyek vital, yang rawan longsor. Banyak LSM Bondowoso mengingatkan dan media mewartakan, namun tidak diindahkan.

Niat Pemda Bondowoso baik namun tidak serius dalam merelokasikan PKL Malam Hari di Alun-alun RBA Kironggo Bondowoso yang berasal dari Jln. RE Martadinata. Rencana pemindahan. namun gagal sampai sekarang ini. 

Walau telah dimediatori oleh Komnas Ham Jakarta, dengan semua permintaan tambahan fasilitas canopi, tempat cuci piring, Etalase, Meja, kursi yang kembar untuk 89 PKL yang terdaftar di UPTD Pasar Diskoperindag Bondowoso  sudah dipenuhi Pemda. Namun hanya 5  PKL yang  pindah, dan sisa PKL  yang lain  tidak menepati untuk mau dipindah.

Area Wisata Kuliner Jembatan Kironggo, karena kosong, sekarang Lapak yang ada beserta Fasilitasnya  ditempati pedagang yang tidak berhak, yang berasal dari kanan kiri jembatan Kironggo, masyarakat sekitar.

Pembangunan Jembatan Kironggo dilaksanakan pada tahun 2016, berarti baru berusia 7 tahun. Walau longsornya plengsengan tidak ada korban, namun kedepan sangat membahayakan masyarakat, perlu pengawasan dan penanganan dengan baik. (Tim MJ).

1 Response to "Jembatan Kironggo longsor?,)"

  1. Berharap segera ada solusi atas longsornya sekitar jembatan karena sangat membahayakan pemakai jalan

    BalasHapus

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel