-->


BREAKING NEWS !!!

Musibah Menimpah, Ayah dan Anak Alami Petaka di Penyebrangan Sungai

Gresik, MITRAJATIM.COM - Musibah memilukan ayah dan anak terjebur kesungai hendak menyebrang menggunakan jasa penyebrangan prau getek dari ...

Tekan Angka Stunting Dengan Galakan Program PMT

Tekan Angka Stunting Dengan Galakan Program PMT

Madiun, MITRAJATIM.COM - Saat ini , program pengendalian angka Stunting, merupakan salah satu program yang menjadi prioritas pemerintah daerah Kabupaten Madiun.Dari tahun ke tahun, angka Stunting diwilayah Kabupaten Madiun menunjukan trend penurunan prosentase dalam hitungan statistik.Penurunan angka Stunting diwilayah Kabupaten Madiun merupakan hasil kerja keras antara pemerintah desa dan pemerintah daerah yang dalam hal ini leading sektornya Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun.

Pengertian dari Stunting menurut definisinya adalah anak balita yang pertumbuhannya terhambat karena beberapa faktor antara lain karena kekurangan gizi buruk dan faktor sanitasi kesehatan lingkungan yang buruk.Kekurangan gizi buruk ini dapat menghambat pertumbuhan anak yang tidak sesuai dengan usianya.

Untuk itu, pemerintah daerah Kabupaten Madiun melalui Dinas kesehatan berkolaborasi dengan pemerintah desa untuk melakukan pendataan dan penanganan terhadap anak-anak yang mengalami Stunting akibat gizi buruk.Mengingat, anak-anak balita merupakan generasi penerus bangsa yang harus diselamatkan masadepannya.

Seperti halnya apa yang terjadi di wilayah Desa Randualas,Kec.Kare Kab.Madiun yang terindikasi angka Stuntingnya mencapai prosentase tertinggi beberapa bulan yang lalu.Saat ini pemerintah desa berkolaborasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Madiun melalui Dinas kesehatan Kabupaten Madiun telah berusaha keras berupaya menekan angka Stunting melalui program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) selama 14 hari sudah berjalan efektif.

Melalui program PMT ini telah menunjukkan trend penurunan prosentase angka Stunting di Desa Randualas,Kec.Kare ,Kab.Madiun ini.Menurut Kades Suyadi , setelah pemerintah desa bersama Dinkes yang dalam hal ini dimotori oleh bidan desa telah berupaya menekan angka Stunting dengan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Madiun yaitu program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) selama 14 hari.Terbukti saat ini angka Stunting diwilayah desanya sudah mengalami penurunan prosentasenya.

"Kalau waktu lalu angka Stunting terindikasi mengalami kenaikan dan angka prosentasenya tertinggi,maka setelah ada penanganan serius oleh pemerintah desa yang berkolaborasi dengan Dinkes dalam hal ini dimotori oleh polindes, telah mengalami penurunan.

Dan terbukti program PMT yang digencarkan oleh pemerintah daerah cukup efektif mengatasi masalah Stunting di desa ini," terang Kades Suyadi.(3/2023).

Meski Desa Randualas ini mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian dan perkebunan,sejak Suyadi menjabat sebagai kepala desa, program pembangunan selalu ditata dan difokuskan pada bidang-bidang yang tepat sasaran, artinya program - program pembangunannya selalu difokuskan bersentuhan dengan kepentingan masyarakat desa."Kami berharap, program -program pembangunan yang masuk ke desa, dapat memajukan desa ini dan dapat meningkatkan kesejahteraan serta derajat kesehatan masyarakat.

Untuk itu, kami pemerintah desa berharap pemerintah daerah Kabupaten Madiun selalu menaruh perhatian terhadap kondisi desa yang ada diwilayah pelosok ini supaya kondisi pembangunan desa tidak ketinggalan dengan wilayah lainnya.Terkait penanganan angka Stunting ini, Alhamdulillah saat ini sudah teratasi dan sudah menunjukkan angka penurunan prosentasenya melalui program PMT yang digencarkan oleh pemerintah daerah," pungkas Kades Suyadi. (HARRY)

0 Response to "Tekan Angka Stunting Dengan Galakan Program PMT"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel