-->


BREAKING NEWS !!!

Jusuf Rizal Bela Warung Madura: Menkop UKM Jangan Jadi Jongos Kapitalis

Jakarta, mitrajatim.com  -  Kebijakan Kementerian Koperasi UKM (Menkop-UKM) melarang Warung Kelontong Madura buka 24 jam mendapat kecaman ke...

Viral SD Muhammadiyah 4 Surabaya Study Exchange ke Jepang, Orangtua Murid Harus Rogoh Kocek Dalam

Viral SD Muhammadiyah 4 Surabaya Study Exchange ke Jepang, Orangtua Murid Harus Rogoh Kocek Dalam

Surabaya mitrajatim.com - Video siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya study tour ke Jepang viral di media sosial. Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 4 Edy Susanto mengatakan bahwa yang mereka lakukan bukan study tour seperti yang kebanyakan sekolah umum, melainkan program study exchange.

Dalam program sekolah tersebut, ada 12 siswa yang mengikuti study exchange 2023 ke Jepang. Sementara biaya ditanggung oleh orang tua murid masing-masing. Tak tanggung-tanggung, masing-masing siswa harus merogoh kocek Rp 38 juta untuk bisa mengikuti study exchange ke Jepang. 

Dikutip dari laman Mudipat milik SD Muhammadiyah 4 Surabaya, program tahunan itu pendaftarannya ditentukan pihak sekolah. Sementara orangtua yang menyatakan bersedia harus mendaftar. Pihak sekolah melakukan pembinaan terkait bahasa dan budaya negara tujuan study exchange. 

"Keberangkatan 12 siswa sebagai duta Mudipat sekaligus duta Indonesia untuk menyerap ilmu dan pengetahuan teknologi di Jepang," katanya.

Negara yang berjuluk negeri Sakura itu, lanjutnya, terkenal dengan kedisiplinan, kecanggihan teknologinya, kehebatan serta ketertibannya.

Siswa Harus Mampu Mengambil Ilmu

Dia berpesan sepulang dari Jepang, harus mampu mengambil ilmu dan hal-hal baik yang ada di Jepang untuk diterapkan di Indonesia.

"Kalian harus mampu menerapkan ilmu dan budaya baik di Jepang. Tidak boleh telat sekolah, jaga kebersihan kelas, semangat belajar, dan hormat dan patuh terhadap kedua orangtua, dan guru," katanya.

Video itu dibagikan akun @hendra_aditya yang memperlihatkan rombongan bocil SD jalan beriringan di jalanan Jepang.

Dalam video tersebut tertulis narasi "Bocil: Aku loh piknik ke Jepang, kamu ke mana?" yang sudah diterjemahkan dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia. Sekolah anak-anak SD ini adalah sekolah swasta. Dari tulisan di jaket seragam mereka, tertulis bahwa mereka berasal dari salah satu SD Muhammadiyah yang ada di Surabaya, Jawa Timur.

Jaket yang mereka pakai berwarna biru dengan bendera Indonesia di lengan kiri. Jaket itu juga bertuliskan Muhammadiyah 4 Elementary School Surabaya di bagian punggung. Sekolah tersebut memilih Osaka sebagai destinasi study tour mereka. Tentu saja hal ini sangat mengejutkan bagi banyak orang.

"Aslinya mereka lagi study banding ke Osaka, Jepang. Dari SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Tadi sempat ngobrol sama Pak Kepala Sekolahnya," tulis pemilik akun dalam keterangan unggahannya. 

Warganet ramai memberi komentar daam unggahan tersebut, banyak yang penasaran berapa yang harus dibayarkan tiap siswa untuk bisa pergi ke Jepang. Sayangnya, pemilik akun tidak mengungkapkan biaya untuk study tour ke Jepang tersebut.

"Itu kira-kira ngabisin duit berapa jt??” tanya seorang warganet.

“Sekolah w pling mentok jateng jogja,” komentar warganet lainnya.


Sumber : liputan6.com

Editor : redaktur pelaksana

Publiser : mitrajatim

0 Response to "Viral SD Muhammadiyah 4 Surabaya Study Exchange ke Jepang, Orangtua Murid Harus Rogoh Kocek Dalam"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel