PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN PEMASARAN DAN KEWIRAUSAHAAN UMKM DI DESA GONDOWANGI

                                        Mahasiswa KKN-T di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Malang, MITRAJATIM.COM - Memperbincangkan mengenai UMKM pastinya tidak akan permah habis pembahasannya, dimana produk yang dipromosikan merupakan produk asli buatan sendiri sehingga bisa dikatakan hasil usaha sendiri, namun permasalahan yang timbul ketika memasarkan produk mereka adalah tidak dilakukan secara commercial sehingga mereka hanya menyampaikan informasi dari mulut ke mulut yang dimana hal tersebut terasa kurang efisien dalam mempromosikan produk mereka.

Maka, dari sini Mahasiswa KKN-T UNIKAMA pun berinisiatif membuat program kerja Pelatihan Digital Marketing yang berlangsung pada Senin, 25 September 2023 bertempat di balai desa Gondowangi. Berkaca pada permasalahan tersebut diharapkan para masyarakat gondowangi tidak lagi mempromosikan usaha mereka dari mulut ke mulut saja.

 Menurut Elvina salah satu Mahasiswa UNIKAMA yang menjadi Penanggung Jawab mengatakan bahwa “Digital marketing merupakan langkah promosi menggunakan media digital atau Internet yang bertujuan untuk menarik konsumen secara cepat".

Elvina pun berujar “Pelatihan ini seputar marketplace shopee yang ditujukan untuk para pelaku UMKM di Desa Gondowangi baik mulai dari membuka toko online, upload produk, dll”. 

Pelatihan ini seputar marketplace shopee yang ditujukan untuk para pelaku UMKM di Desa Gondowangi baik mulai dari membuka toko online, upload produk, dll”. Kemudian Elvina pun menambahkan. 

Pada akhir sambutan penanggung jawab, Elvina salah satu pencetus Program Kerja Digital Marketing ini berharap semoga dengan adanya pendaftaran lokasi usaha pada Google Maps , Social Media berupa Instagram. 

Pelatihan Digital Marketing berupa marketplace Shoopee dapat menarik konsumen atau calon konsumen sehingga keuntungan yang didapatkan oleh para pelaku usaha ini dapat meningkat dan pelaku usaha di Desa Gondowangi tidak hanya promosi dari mulut ke mulut namun juga bisa dari media sosial seperti Instagram dan Shopee. Tak hanya membuka toko offline tetapi juga online agar tidak tertinggal jauh dengan perkembangan zaman yang pesat. (*)


Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Lebih baru Lebih lama