Indahnya Toleransi, Hampir Separuh Sapi di Istiqlal dari Non-muslim


Jakarta, mitrajatim.com - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengungkapkan bahwa hampir setengah dari total jumlah sapi kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta berasal dari pemberian masyarakat non-muslim.

Melansir dari Detikcom, Nasaruddin mengungkapkan bahwa Masjid Istiqlal telah menerima 50 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Sebanyak 22 dari 50 ekor sapi merupakan hasil kontribusi dari umat non-muslim.

"Inilah toleransi Indonesia. Sebenarnya yang wajib untuk berkorban itu adalah terutama umat Islam yang berkemampuan. Namun inilah Indonesia, inilah Istiqlal, benar-benar kita menjalin sebuah toleransi, ada understanding yang sangat dalam, lintas agama di Istiqlal ini," kata Nasaruddin, dikutip Senin (17/6/2024)

Menurut Nasaruddin, pihak yang menyumbangkan sapi kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah melalui Masjid Istiqlal adalah Gereja Katedral Jakarta, Hotel Borobudur Jakarta, dan komunitas Tionghoa.

"Ada 22 ekor sapi dari sahabat kita dari non-muslim, ada dari Katedral sapinya besar," kata Nasaruddin.

"Kemudian juga dari Hotel Borobudur itu menyumbang 20 ekor sapi besar-besar, lalu ada dari rekan-rekan kita dari komunitas Tionghoa itu juga memberikan tambahan hewan kurban untuk diberikan ke mereka yang berhak," imbuhnya.

Selain dari umat non-muslim, Nasaruddin juga mengungkapkan bahwa Masjid Istiqlal menerima sumbangan hewan kurban dari sejumlah tokoh politik, seperti Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto, Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming, hingga Megawati Soekarnoputri. (Ary*)


Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Lebih baru Lebih lama