Mengungkap Fakta di Balik Berita

Sepakat Kampanye Damai, Khofifah-Emil Beri Bunga pada Gus Ipul-Puti


Surabaya, Mitra-Jatim.com- Dua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubenur Jatim KhofifahIndar Parawnsa-Emil Dardak (Khofifah-Emil) dan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti) sepakat melakukan kampanye damai selama proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pilgub Jatim 2018.  Kesepakatan damai ini ditandai pembacaan komitmen dan penandatanganan deklarasi kampanye damai yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim di halaman Giant Maspion Square Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu (18/2/2018).

Calon Gubernur Jatim nomor urut 1, Khofifah saat diberikan kesempatan pertama oleh KPU Jatim berkomitmen menciptakan Pilkada Jatim 2018 dengan damai. ”Indonesia adalah kita dan kita adalah Indonesia. Pancasila adalah kita dan kita adalah Pancasila. Jawa Timur adalah kita dan kita adalah warga Jatim. Mari kita jaga pesona Jawa Timur yang indah dengan guyub rukun,”  katanya.

Setelah itu,Khofifah yang didampoingi cawagub Emil turun panggung menghampiri pasangan cagub-cawagub nomor urut 2 Gus Ipul-Puti menyerahkan dua paket bunga. Pemberian paket bunga ini merupakan ajakan Khofifah-Emil kepada Gus Ipul-Puti untuk kampanye damai pada Pilkada Jatim 2018. ”Kami berdua sepakat dengan komitmen Forkopimda Jatim, Gubernur Pakde Karwo, Ketua DPRD Gus Halim, Bapak Pangdam dan Kapolda Jatim, KPU dan Bawaslu Jatim untuk kampanye damai adalah harga mati," kata Khofifah.

Sedangkan, cagub-cawagub Jatim nomor urut 2 Gus Ipul-Puti  menyatakan, Soekarno Presiden Pertama RI menggagas Pancasila yang inti pokoknya gotong royong. Karena itu, Gus Ipul–Puti berkomitmen mewujudkan Pilkada Jatim 2018 berkualitas dan penuh kedamaian. ”Pancasila yang digagas Bung Karno intinya gotong-royong. Kami hadir di sini bergotong royong mewujudkan Pilkada Jatim berkualitas dan penuh kedamaian,” kata Gus Ipul diamini Puti.

Dalam deklarasi kampnye damai ada empat poin. Yakni, siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945. Siap kampanye damai, demokratis dan mengedukasi dalam mewujudkan kedaulatan pemilih, siap melaksanakan kampanye pilgub tanpa “hoax” dan politisasi SARA dan politik uang, serta tunduk dan patuh pada perundangan yang berlaku. (lia/edo)




Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan

- Pimred TMJ -

- Pimred TMJ -
Sumitro Hadi, SH.

Menabung Untung

- Berita Mitra Jatim -