-->

BREAKING NEWS !!!

"Swadaya Masyarakat" Perbaikan Jalan di Depan Kantor Desa Gambangan Maesan

Bondowoso, MITRAJATIM.COM - Kondisi jalan raya di desa Gambangan kecamatan Maesan sudah lama rusak dan belum ada perhatian dari pemerintah ...

Kemendikbud Berencana Angkat Seratus Guru Setiap Tahun

Kemendikbud Berencana Angkat Seratus Guru Setiap Tahun

Malang,Mitra-Jatim.com- Masalah guru pensiun yang mencapai puluhan ribu setiap tahun, mendapat perhatian serius Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di bawah komando Mendikbud Muhadjir Effendy. Ini dibuktikan Kemendikbud yang merencanakan merekrut guru sekitar seratus ribu setiap tahun untuk beberapa tahun ke depan.

Rencana itu dilontarkan Mendikbud Muhadjir Effendy saat berada di Malang pada 22 April 2018 lalu. ”Angkanya belum disetujui. Tapi kami rencanakan, setiap tahunnya pemerintah tentunya melalui Kemendikbud akan mengangkat kira-kira seratus ribu guru guna menutupi kekurangan guru di sekolah-sekolah dengan waktu paling tidak selama tujuh tahun ke depan,” kata Muhadjir Effendy.

Kemendikbud sendiri, lanjut dia, saat ini memberi perhatian khusus pada daerah-daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Indonesia. Ini sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). ”Sehingga, berbagai kebijakan afirmasi pun, digulirkan Kemendikbud untuk membantu ketersediaan akses pada layanan pendidikan,” ujarnya. Di Malang misalnya, lanjut Muhadjir Effendy, anggaran membangun sekolah baru sebesar Rp 2 miliar.  ”itu sudah bagus. Kalau di kabupaten Pegunungan Bintang di Papua, harus sampai enam miliar rupiah. Bahan-bahannya kan sulit didapatkan," tambahnya.

Karena itu, untuk mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain, Kemendikbud mengajak segenap pemangku kepentingan bisa memahami pentingnya peningkatan standar pendidikan. Salah satunya diawali kalibrasi kemampuan tenaga pendidik agar setara dan semakin baik. Serta peningkatan kualitas penilaian hasil belajar siswa. ”Standar yang kita gunakan mendidik anak-anak masih di bawah standar negara-negara yang tergolong baik di PISA (Programme for International Student Assessment). Maka suka tidak suka, kita harus meningkatkan standar di sini,” jelas Mendikbud asli Malang ini. (eka/tom/edo)

0 Response to "Kemendikbud Berencana Angkat Seratus Guru Setiap Tahun "

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel