-->


BREAKING NEWS !!!

"Jadilah Pemimpin Yang Bijak" dan Memberi Inspirasi

                                                    Oleh; Sumitro Hadi, SH. Redaksi,     MITRAJATIM.COM - Menjadi Pemimpin ( leadership)   ...

Menteri BUMN Borong Beras Merah Organik hingga Panen Padi di Banyuwangi

Menteri BUMN Borong Beras Merah Organik hingga Panen Padi di Banyuwangi


Banyuwangi,Mitra-Jatim.com- Menteri BUMN Rini Soemarno memborong beras merah dan hitam organik Banyuwangi saat kunjungan kerja di kabupaten paling Timur di Provinsi Jatim, Jumat(6/4/2018).  Beras merah organik yang diborong Menteri Rini diperkenalkan langsung Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat berkunjung ke Desa Pondoknongko, Kecamatan Babat.

”Berah merah dan beras hitam organik ini, produksi kelompok tani Kecamatan Singojuruh. Juga diproduksi beras germanasi organik diperoleh dari lahan 100 hektar dan semuanya sudah ekspor ke Eropa dan Amerika Serikat serta dipasarkan ke kota-kota besar di Indonesia. Harganya lebih bagus dari beras biasa, sehingga petani bisa lebih sejahtera,” kata Bupati Anas kepada Menteri Rini.

Bupati Anas menjelaskan, ada tiga varietas padi organik Banyuwangi yang sudah terdaftar sebagai padi asli Banyuwangi di Kementan (Kementerian Pertanian). Selain itu, sejumlah kelompok tani sudah mendapat sertifikasi produsen beras organik yang bebas pestisida dan pupuk kimia berdasarkan pedoman SNI. ”Pemkab Banyuwangi juga membuka lahan percobaan pengembangan beras organik menggunakan dana APBD,” jelasnya.

Selain memborong beras merah dan hitam organik Banyuwangi, Menteri Rini juga mengecek harga beras yang didistribusikan BUMN PT Pertani di Pasar Rogojampi. Dia juga menyempatkan menyambangi pedagang di Pasar Rogojampi serta membeli roti, keripik pisang khas Banyuwangi, dan jajanan tradisional lupis yang menjadi favoritnya sejak kecil.

Setelah itu, Menteri Rini didampingi Bupati Anas melakukan panen raya padi di  persawahan Desa Pondoknongko, Kecamatan Kabat. Keduanya bersama 50 petani tergabung Kelompok Tani Sumber Kedawung memanen padi di persawahan seluas 4 hektar yang menghasilkan gabah 7 hingga 7,5 ton per hektar atau di atas rata-rata nasional berkisar 6 ton per hektar.

Bupati Anas mengatakan, produksi padi rata rata Banyuwangi 806.826 ton per hektar atau setara beras 506.202 ton. Banyuwangi setiap tahunnya surplus beras rata-rata 360 ribu ton. ”Target serap gabah di Banyuwangi berjalan baik. Bahkan, pada 2017, Bulog menyerap melampaui target hingga 128,6 persen atau 81.395 ton setara beras, dari target 63.300 ton. Tentu dengan tambahan penyerapan dari BUMN PT Pertani, akan semakin banyak lagi,” katanya. (ton/edo)

0 Response to "Menteri BUMN Borong Beras Merah Organik hingga Panen Padi di Banyuwangi"

Posting Komentar

Terimakasih atas tanggapan dan komentar anda, kami team Redaksi akan menyaring komentar anda dalam waktu dekat guna kebijakan komonikasi untuk menghindari kata kata kurang pantas, sara, hoax, dan diskriminasi.
Dalam jangka waktu 1x24 jam segera kami balas
Kami tunggu saran dan kritikannya, salam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel